Pelatihan Pengajaran Fisika Berbasis Simulasi Menggunakan Perangkat Lunak PhET Bagi Guru IPA di Bangka sebagai Perangkat Laboratorium Virtual

Authors

  • Yuant Tiandho Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung
  • Rika Favoria Gusa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Bangka Belitung
  • Anisa Indriawati Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung
  • Herman Aldila Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung
  • Widodo B. Kurniawan Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7914

Abstract

Meskipun ilmu fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam pengembangan teknologi saat ini namun di mata mayoritas peserta didik masih dianggap sebagai ilmu yang sulit dan tidak menarik. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh masih banyaknya guru yang hanya menerapkan metode ceramah ketika proses belajar mengajar fisika. Alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diterapkannya praktikum agar peserta didik dapat memiliki pengalaman langsung terkait konsep fisika yang ada. Namun, beberapa sekolah di Bangka tidak memiliki fasilitas laboratorium yang memadai sehingga kegiatan praktikum tidak dapat berjalan dengan baik atau bahkan tidak dapat dilaksanakan. Pada program pengabdian kepada masyarakat ini, dilakukan pelatihan penggunaan perangkat lunak PhET sebagai solusi laboratorium virtual. Penggunaan laboratorium virtual selain efisien dari segi biaya juga mudah untuk dilakukan dan memungkinkan peserta didik melakukan praktikum virtual secara mandiri. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan mayoritas peserta memberikan respon positif terhadap penggunaan PhET dalam proses belajar mengajar. Selain itu, perangkat lunak PhET mudah digunakan.

References

<p><span lang="EN-US">Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, &amp; Nash, N. R. (2019). Persepsi mahasiswa pada penuntun praktikum fisika dasar II berbasis mobile learning. <em>Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4</em>(4), 516-523.</span></p><p><span lang="EN-US">Gunawan, G., Harjono, A., &amp; Sahidu, H. (2017). Studi pendahuluan pada upaya pengembangan laboratorium virtual bagi calon guru fisika. <em>Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1</em>(2), 140-145.</span></p><p><span lang="EN-US">Hikmawati, H., Sutrio, S., &amp; Kurdiastuti, M. (2019). Pengenalan PhET simulations sebagai laboratorium virtual untuk membantu pemahaman konsep fisika pada peserta didika SMAN 1 Gerung tahun 2019. <em>Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2</em>(4), 480-483.</span></p><p><span lang="EN-US">Nopianti, G., Aji, S. D., &amp; Nur Hudha, M. (2019). Metode eksperimen menggunakan macromedia flash terhadap minat dan prestasi belajar fisika. <em>Seminar Nasional Pendidikan Fisika V</em>, 1-7.</span></p><p><span lang="EN-US">Rahayu, S. D., Prihandono, T., &amp; Gani, A. A. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mapping Pada Materi Elastisitas di SMA. <em>Jurnal Pembelajaran Fisika, 6</em>(3), 247-254.</span></p><p><span lang="EN-US">Sari, P. I., Gunawan, G., &amp; Harjono, A. (2017). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. <em>Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2</em>(4), 176-182.</span></p><p><span lang="EN-US">Sari, R. F., Budayasa, I. K., &amp; Lukito, A. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis flash pada materi kubus dan balok. <em>MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3</em>(1), 63-73.</span></p><p><span lang="EN-US">Sukirman, S. (2017). PErancangan animasi tiga dimensi menggunakan perangkat lunak blender di cabang Muhammadiyah Kartasura. <em>Warta LPM, 20</em>(2), 65-73.</span></p><p><span lang="EN-US">Utami, D. L., Wibowo, Y., &amp; Rahayu, T. (2017). Penyusunan media pembelajaran video animasi sistem saraf untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. <em>Pend. Biologi-S1, 6</em>(2), 105-110.</span></p><p><span lang="EN-US">Wesnawati, A. C., Santyasa, I. W., &amp; Rapi, N. K. (2017). Pengembangan bahan ajar dan perangkat pembelajaran berorientasi NoS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika. <em>Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7</em>(2), 64-73.</span></p><p><span lang="EN-US">Yanti, D. E., Subiki, &amp; Yushardi. (2016). Analisis sarana prasarana laboratorium fisika dan intensitas kegiatan praktikum fisika dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. <em>Jurnal Pembelajaran Fisika, 5</em>(1), 41-46.</span></p><p><span lang="EN-IN"> </span></p>

Published

2020-08-28

How to Cite

Tiandho, Y., Gusa, R. F., Indriawati, A., Aldila, H., & Kurniawan, W. B. (2020). Pelatihan Pengajaran Fisika Berbasis Simulasi Menggunakan Perangkat Lunak PhET Bagi Guru IPA di Bangka sebagai Perangkat Laboratorium Virtual. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 55–61. https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7914
Abstract views: 555 , PDF Downloads: 254