Pelatihan Konseling Karier John Holland Bagi Guru Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Evi Winingsih
  • Budi Purwoko
  • Bambang Dibyowiyono

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7120

Abstract

Karier adalah salah satu bidang pelayanan guru Bimbingan dan Konseling (BK). Pelayanan bidang karier yang dilakukan saat ini masih berorientasi pada pemilihan karier. Namun belum banyak guru BK yang mengidentifikasi kepribadian siswa untuk dikorelasikan dengan pilihan karier siswa. Tujuan dari pengabdian masyarakatan ini adalah untuk membantu guru BK dalam memberikan pelayanan di bidang Karier di SMK kabupaten Banyuwangi. Target khusus dari kegiatan ini adalah meningkatanya pemahaman guru BK tingkat SMK di kabupaten Banyuwangi tentang pelayanan BK yang berorientasi pada teori karier John Holland. Metode dalam pengabdian ini yakni dengan memberikan seminar dan pelatihan secara terstruktur dan terbimbing. Kompetensi guru BK akan diukur dengan menggunakaa instrument yang diberikan kepada guru BK setelah pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman guru BK setelah diberikan pelatihan. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 120 menit. Pengabdian ini menghasilkan sebuah perubahan pada peningkatan pemahaman tentang teori Karier Holland yang cukup signifikan dari para guru BK yang mengikuti pelatihan. Saran yang disampaikan adalah pemberian pelatihan berupa skill penerapan Karier Holland di sekolah agaknya perlu diperhatikan. Karena pemahaman tidak cukup untuk bisa menjamin para guru BK dapat mengaplikasikan teori tersebut.

References

<p>Brown Duane. (2002). <em>Caree Choice and Development</em> (4th ed.). New York: Jossey-Bass.</p><p>Gottfredson, L. (2004). Using Gottfredsos Theory of Circumscription and Compromise in Career Guidance and Counseling. <em>Applying Gottfredson Theory</em>, (302), 150.</p><p>Krumboltz. (1996). <em>A Learning Theory of Career Counseling</em>. US: Davies-Black Publishing.</p><p>Krumboltz, J. D. (2009). The happenstance learning theory. <em>Journal of Career Assessment</em>, <em>17</em>(2), 135154.</p><p>Krumboltz, J. D., Foley, P. F., &amp; Cotter, E. W. (2013). Applying the happenstance learning theory to involuntary career transitions. <em>The Career Development Quarterly</em>, <em>61</em>(1), 1526.</p><p>Meijers, F., &amp; Lengelle, R. (2015). 5. CAREER LEARNING. <em>Career Assessment: Qualitative Approaches</em>, 41.</p>

Published

2020-08-28

How to Cite

Winingsih, E., Purwoko, B., & Dibyowiyono, B. (2020). Pelatihan Konseling Karier John Holland Bagi Guru Bimbingan dan Konseling. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 29–33. https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7120
Abstract views: 349 , PDF Downloads: 205