Enhancing The Teachers Ability to Prepare Class Action Research (CAR) Proposals through Intensive Training Using œSmart Way Form

Authors

  • Mohamad Arief Rafsanjani (Scopus ID: 57198441635) Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0002-0981-8031
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Wahjudi Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Rohayati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6355

Abstract

Rendahnya tingkat publikasi ilmiah guru merupakan dampak dari rendahnya penelitian yang dilakukan. Hal ini perlu mendapat perhatian serius oleh berbagai kalangan civitas akademika. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun rancangan (proposal) penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada 29 guru akuntansi SMK di Kabupaten Magetan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini 1) penyampaian materi teoritis dan praktis tentang hakikat, anatomi dan metodologi PTK; 2) praktik penyusuan proposal PTK secara mandiri; 3) review proposal, konsultasi dan pendampingan secara daring. Hasil kegiatan pelatihan ini secara umum berhasil dengan baik, yang terlihat dari antusiasme guru selama proses pelatihan berlangsung, feedback dari kuesioner yang menunjukkan mayoritas peserta merasa puas, peningkatan pemahaman peserta tentang PTK yang dilihat dari peningkatan nilai posttest, dan output proposal peserta yang menunjukkan rata-rata 80% peserta mampu menyusun proposal PTK dengan baik.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Proposal, Pelatihan, Guru

Author Biography

Mohamad Arief Rafsanjani, (Scopus ID: 57198441635) Universitas Negeri Surabaya

Scopus ID: 57198441635

Sinta ID : 6022856

Google Scholar ID : x3BdzLAAAAAJ&hl

References

]Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ballesteros-Rodríguez, J. L., De Saá-Pérez, P., & Domínguez-Falcón, C. (2012). The role of organizational culture and HRM on training success: evidence from the Canarian restaurant industry. The International Journal of Human Resource Management, 23(15), 3225-3242.

Brandon, L. a. B., K. (2016). Paragraphs and Essays: With Integrated Readings. Boston, United States: Cengage Learning.

Cheruvu, R. (2014). Focus on Teacher as Researcher: Teacher Educators as Teacher Researchers: Practicing What We Teach. Childhood Education, 90, 225-228. doi:10.1080/00094056.2014.911636

Danawati, M. I., & Risminawati. (2017). Problematika Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah Sebagai Pengembangan Kompetensi ProfesionalDi Sd Muhammadiyah 5 Surakarta. (Undergraduate), Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.

Gordon, P. (1977). Power Through Acceptance: The Secret of Serenity. New York: Christian Herald Books.

Gustina, A. (2015). Pengaruh Kualitas Pelatihan Dan Kondisi Lingkungan Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Di Sentra Pendidikan Bri Yogyakarta. (Undergraduate), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (2005).

Kasiyan, Zuhdi, B., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47-53.

Kraiger, K. (2003). Perspectives on training and development: John Wiley and Sons Inc.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, (2009).

Perdana. (2018). Minat Guru Menyusun PTK Masih Rendah. Retrieved from https://radarsolo.jawapos.com/read/2018/10/19/99353/minat-guru-menyusun-ptk-masih-rendah

Purnamawati, Mulbar, U., & Zaki, A. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Paper presented at the PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Makassar.

Silberman, C. E. (1970). Crisis in the Classroom New York: Random House.

Tharenou, P., Saks, A. M., & Moore, C. (2007). A review and critique of research on training and organizational-level outcomes. Human Resource Management Review, 17(3), 251-273.

Published

2020-02-24

How to Cite

Rafsanjani, M. A., Hakim, L., Wahjudi, E., Listiadi, A., & Rohayati, S. (2020). Enhancing The Teachers Ability to Prepare Class Action Research (CAR) Proposals through Intensive Training Using œSmart Way Form. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6355
Abstract views: 370 , PDF Downloads: 352

Most read articles by the same author(s)