Pelatihan Penggunaan Software jBatik kepada Guru-guru MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Dimas Avian Maulana [Scopus ID: 56638527400] Program Studi Matematika, Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0002-9552-643X
  • Yusuf Fuad Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Puji Astuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14183

Abstract

Salah satu peninggalan budaya Indonesia yang menjadi primadona di seluruh dunia adalah batik. Batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak tanggal 9 Oktober 2009. Seiring dengan perkembangan zaman, penciptaan batik tidak hanya melalui Teknik-teknik tradisional seperti teknik canting tulis, teknik tenun ikat, teknik cap, dan teknik colet saja.  Dari survei awal kepada peserta, pengetahuan guru-guru Seni Budaya di Kabupaten Tulungagung mengenai penggunaan teknologi dalam membatik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta mengenai batik fraktal secara khusus dan penggunaan software jBatik. Setelah dilakukan pelatihan, terdapat kenaikan yang signifikan dalam pengetahuan tentang batik fraktal dan penggunaan software jBatik yaitu 91% dan 82%.

Author Biographies

Dimas Avian Maulana, [Scopus ID: 56638527400] Program Studi Matematika, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Matematika

Yusuf Fuad, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Matematika

Yuliani Puji Astuti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Matematika

References

<p>Anggraini, A. D. (2013). <em>Batik Fraktal, Gabungan Seni dan Teknologi</em>. https://apriliadwianggraini18.wordpress.com/2013/05/28/batik-fraktal-gabungan-seni-dan-teknologi/</p><p>Fadliani, T. N. I. (2017). <em>Penerapan JBatik untuk Pembuatan Motif Bordir Kerancang pada Kebaya Encim</em> [Universitas Telkom]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/137256/slug/penerapan-jbatik-untuk-pembuatan-motif-bordir-kerancang-pada-kebaya-encim.html</p><p>Garuda Indonesia. (2013). <em>Garuda Indonesia Sight</em>. https://www.garuda-indonesia.com/id/en/garuda-indonesia-experience/service-concept/sight/index.page</p><p>Piksel Indonesia. (2012). <em>KERJASAMA SEKOLAH - PIKSEL INDONESIA DALAM jBATIK</em>.</p><p>Pratiwi, A. (2015). <em>Kajian Batik Fraktal (Penerapan Software jBatik dalam Pembuatan Motif Batik)</em>. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/47166</p><p>Reichle, N. (2012). Batik: Spectacular Textiles of Java. <em>The Newsletter. International Institute for Asian Studies</em>, <em>62</em>(Winter 2012), 56.</p><p>Rumah UKM. (2015). <em>Mengenal Batik Indonesia Batik Yogyakarta dan Solo</em>. http://rumahukm.com/blog/2015/10/02/mengenal-batik-indonesia-batik-yogyakarta-dan-solo-2/</p><p>The Batik Guild. (2011). <em>Batik in Java</em>. The Batik Guild.</p><p>The Jakarta Post Life team. (2016). <em>Batik: a cultural dilemma of infatuation and appreciation - The Jakarta Post</em>. The Jakarta Post.</p><p>Unesco. (2009). <em>Indonesian Batik - intangible heritage - Culture Sector - UNESCO</em>. UESCO.</p><p>Yuli, S. E. (2012). PEMBUATAN KAIN BATIK MOTIF MODERN TEKNIK WARNA PECAH. <em>Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana</em>, <em>7</em>(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/32948</p>

Published

2021-08-13

How to Cite

Maulana, D. A., Fuad, Y., & Astuti, Y. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Software jBatik kepada Guru-guru MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Tulungagung. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 43–48. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14183
Abstract views: 137 , PDF Downloads: 184