PELATIHAN BUDIDAYA CACING TANAH (Lumbricus rubellus) BAGI PARA TANI DESA SUMBERDUKUN, NGARIBOYO, MAGETAN

Authors

  • Rusmini Rusmini Jurusa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Nita Kusumawati Jurusa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Mirwa Adi Prahara Jurusa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Prima Retno Wikandari Jurusa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p114-120

Keywords:

Budidaya, Cacing Tanah,

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pelatihan budidaya cacing tanah (Lumbricus rubbelus) kepada para tani Desa Sumberdukun, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan sebagai upaya pengembangan sumber daya daerah. Metode yang digunakan berupa kegiatan pelatihan dengan pemberian materi dan praktek serta pendampingan dan monitoring dari tim pelaksana PKM. Kegiatan pelatihan diamati dengan lembar observasi keterlaksanaan pelatihan, lembar observasi ketrampilan berbudidaya, dan angket respon peserta. Kegiatan PKM diakhiri dengan pemberian bibit cacing tanah sebagai modal untuk memulai berbudidaya. Hasil PKM melaporkan bahwa keterampilan peserta dalam berbudidaya cacing tanah sudah ditunjukkan mulai persiapan media, pembuatan kandang, pembuatan pakan, dan tehnik panen. Seluruh peserta pelatihan tertarik dan menyatakan bahwa pelatihan budidaya cacing tanah ini bermanfaat meskipun ada 20% peserta yang menyatakan pernah mendapatkan pelatihan serupa dan menyatakan jika budidaya cacing tanah tidak mudah dilakukan. Hasil pendampingan dan monitoring menunjukkan bahwa 9 peserta (45%) mengalami perkembangan dalam berbudidaya cacing tanah dan 11 peserta (55%) belum berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2014. http://perawatanternak budidaya.blogspot.com/2014/05/jenis-jenis -cacing-tanah-dan-tempat-hidupnya.html, diakses tanggal 26 Februari 2015.

Flora, Esha. 2014. Manfaat dan Khasiat Cacing Tanah. http://indonesian-herbal.blogspot.com/2014/03/manfaat-dan-khasiat-cacing-tanah.html, diakses tanggal 26 Februari 2015.

Erman, Ahmad. 2014. Prospek Bisnis Beternak Cacing: Modul Pelatihan. Malang: Kopindo Indonesia.

Suyono dan Aisyah. 2000. Kandungan Hara N, P, dan K pada Cacing Lumbricus rubellus yang Dibudidayakan dengan Pakan Limbah Organik, Journal SoilRens, 1(1), 24-28.

Warsa, Toto, dan Jumsih. 2000. Pertumbuhan dan Perkembangan Lumbricus rubellus yang Dibudidayakan dengan Enam Pakan Limbah Organik, Journal SoilRens, 1(2), 61-67.

Downloads

Published

2016-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3545 , PDF Downloads: 1497