RESPON GURU IPA TERHADAP KEGIATAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL

Authors

  • An Nuril Maulida F Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p110-113

Keywords:

Respon Guru IPA, Pendampingan, Penulisan Artikel

Abstract

Investigasi ini bertujuan untuk melihat respon guru IPA terhadap kegiatan pendampingan penulisan artikel. Metode yang digunakan adalah survey, dimana partisipan diberikan lembar angket untuk menyampaikan respon mereka terhadap kegiatan tersebut. Partisipan dalam kegiatan ini adalah 12 guru IPA dari Kabupaten Jombang. Hasil dari investigasi ini menunjukkan bahwa guru IPA menganggap kegiatan pendampingan penulisan artikel adalah bermanfaat, yang ditunjukkan dengan 64% guru memberikan respon positif bahwa kegiatan ini œpenting (berdasarkan kepentingan). Selain itu, guru juga memberikan respon positif berdasarkan tingkat kepuasan. Sebanyak 74% guru IPA merasa puas dan 22% guru merasa sangat puas terhadap kegiatan pendampingan tersebut, meskipun sisanya 4% guru memberikan respon tidak puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Wagiran. 2008. Pengembangan Profesi Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah (Materi Diklat Karya Tulis Ilmiah Guru Se-Purworejo). Yogyakarta: UNY.

Tim Penyusun. 2015. Aturan Penulisan Jurnal Pensa. Surabaya: Unesa.

Published

2016-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 257