PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENILAIAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH WIYUNG SURABAYA

Authors

  • Rudy Kustijono Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Hermin Budiningarti Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Sunarti Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p102-109

Keywords:

standar, penilaian, pendidikan

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya yang membawahi SD Muhammadiyah 15 Surabaya, SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Tujuan kegiatan adalah melakukan pendampingan kepada para guru di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya dalam mengimplementasikan penilaian pendidikan yang sesuai standar Kurikulum 13. Secara umum target program adalah diperolehnya wawasan dan kemampuan para guru di lembaga tersebut terkait implementasi penilaian pendidikan dalam pembelajaran yang memenuhi standar. Luaran yang dihasilkan program adalah produk yang berupa instrumen penilaian beserta rubriknya yang memenuhi standar. Dari kegiatan PKM dapat ditarik kesimpulan bahwa: Semua guru di SD Muhammadiyah 15 Surabaya telah mempunyai pemahaman yang baik terhadap penilaian pendidikan yang sesuai standar, semua guru telah mengembangkan instrumen penilaian pendidikan beserta rubriknya yang sesuai standar, dan semua guru telah mengimplementasikan penilaian pendidikan yang sesuai standar, sedangkan guru di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya baru sebagian kecil saja yang mempunyai pemahaman yang baik terhafap penilaian pendidikan yang sesuai standar, sebagian kecil saja yang mengembangkan instrumen penilaian pendidikan yang sesuai standar, dan sebagian kecil saja yang mengimplementasikan penilaian pendidikan yang sesuai standar. Namun demikian, semua guru di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan PKM di lembaga tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemdikbud. 2012. Pengantar Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Desember 2012.

Kustijono, R. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pembelajaran IPA SMP Di Kabupaten Sampang dan Lumajang, Prosiding Seminar Pendidikan Sains 2014, Program Pascasarjana Unesa Surabaya.

Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Ruiz M.A., Primo. 2009. Towards a Framework for Assessing 21st Century Science Skills, Commissioned paper for The National Academies, University of Colorado Denver, February, 2009

Sharp, C. 2004. Developing young childrens creativity, what can we learn from research

Trilling, B. dan Hood, P. 1999. Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age or "We're Wired, Webbed, and Windowed, Now What"? Educational Technology May-June 1999.

Downloads

Published

2016-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 258 , PDF Downloads: 210