PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KIMIA MELALUI PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI BANYUWANGI

Utiya Azizah, Suyono Suyono, Bertha Yonata

Abstract


 

 Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kabupaten Banyuwangi. Tujuan kegiatan adalah mendeskripsikan pemahaman guru Kimia terhadap materi model-model pembelajaran inovatif, kemampuan guru Kimia dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis model-model pembelajaran inovatif, dan respon guru selama mengikuti kegiatan pelatihan model-model pembelajaran inovatif. Langkah-langkah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah kegiatan penyegaran materi model-model pembelajaran inovatif dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menerapkan model-model pembelajaran inovatif. Evaluasi dilakukan dengan tes pemahaman terhadap materi model-model pembelajaran inovatif dengan khalayak sasaran dan angket kepada peserta untuk mendapatkan data respon terhadap pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan data hasil pelatihan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman materi model-model pembelajaran inovatif guru MGMP kimia di Kabupaten Banyuwangi setelah kegiatan pembelajaran dalam rangka penyegaran materi model-model pembelajaran inovatif termasuk kategori baik dan sangat baik, (2) kemampuan guru MGMP kimia di Kabupaten Banyuwangi dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis model-model pembelajaran inovatif adalah baik dan sangat baik, dan (3) secara umum respon guru MGMP kimia di Kabupaten Banyuwangi terhadap kegiatan pelatihan ini adalah baik dan sangat baik.


Keywords


pelatihan; model pembelajaran inovatif; peningkatan kompetensi

Full Text:

PDF

References


Daniel, S. 2007. Profesionalisme Melalui Sertifikasi sebagai Upaya Peningkatan Mutu, Kompetensi, Jumlah dan Kesejahteraan Guru/Dosen. Makalah disampaikan pada Dialog Interaktif 2007 Dirjen Dikdasmen Guru/Dosen se JawaTimur. LPPM Kampus C Unair.

Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2013 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


joomla
analytics View My Stats