PELATIHAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI GURU DI MGMP KIMIA KABUPATEN BANYUWANGI

Rusly Hidayah, Sukarmin Sukarmin, Achmad Lutfi

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru-guru di MGMP Kimia Kabupaten Banyuwangi dalam menggunakan media pembelajaran kimia berbasis komputer Chem Lab, mengintegrasikan media pembelajaran berbasis komputer Chem Lab dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia dan respon guru-guru di MGMP Kimia Kabupaten Banyuwangi terhadap pelatihan penggunan media pembelajaran berbasis komputer Chem Lab. Metode yang digunakan adalah pelatihan kepada guru-guru MGMP Kimia kabupaten Banyuwangi, Partisipan dari kegiatan ini adalah 18 guru MGMP Kimia Kabupaten Banyuwangi. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa pelatihan telah berhasil dilaksanakan, ditunjukkan dengan 89% peserta telah memiliki kemampuan menggunakan program Chem Lab dengan kategori baik, 83,3% dengan kategori sangat baik dan 11.1% dengan kategori baik telah mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dan mengintegrasikan program Chem Lab sebagai media pembelajaran serta semua peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap kegiatan pelatihan yang diberikan oleh Tim PKM.

Keywords


Chem Lab; Integrasi; Media Pembelajaran; Respon Guru Kimia; RPP

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Setiadi, R. dan Agus, A. 2000. Dasar-Dasar Pemrograman Software Pembelajaran. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Zeynep Tatli and Alipasa Ayas. 2013. Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Student`s Achievement. Journal Educational Technology & Society, 16(1), 159-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


joomla
analytics View My Stats