PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK FLASH-LIKE POWERPOINT BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p66-71Keywords:
teknologi, media pembelajaran, flash-like powerpoint, materi IPAAbstract
Di era digital, penguasaan terhadap teknologi komputer mutlak dimiliki oleh siapapun, tidak terkecuali bagi seorang guru. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran kepada siswa-siswanya. Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi siswa saat mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran juga dapat digunakan untuk menggambarkan fenomena alam yang prosesnya berlangsung secara abstrak. Kegiatan pendampingan pembuatan media flash-like powerpoint untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Pendampingan dilaksanakan di Kabupaten Jombang dan diikuti oleh 20 (dua puluh) guru IPA dari SMP Negeri se-kabupaten Jombang. Metode pelaksanaan terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini berupa media flash-like powerpoint karya guru-guru IPA. Respon peserta terhadap kegiatan pendampingan adalah positif. Peserta merasa mendapat manfaat dari kegiatan ini. Peserta juga merasa lebih termotivasi untuk mengajar, dan utamanya peserta juga mendapatkan keterampilan (life skill) untuk mengembangkan media-media pembelajaran lebih lanjut.Downloads
Download data is not yet available.
References
Coleman, M. B. 2009. PowerPoint is not just for Business Presentations and College Lectures: Using PowerPoint to Enhance Instruction for Students with Disabilities. TEACHING Exceptional Children Plus. Vol. 6, Issue 1.
Drouin, M., Hile R. E., Vartanian, L.R., dan Webb, J. 2013. Student Preferences for Online Lecture Formats: Does Prior Experience Matter?The Quarterly Review of Distance Education, Vol. 14(3), hal. 151-162 diakses melalui http://search.proquest.com/openview/ d371126d0c3894b1603756bbec1043 8b/1?pq-origsite=gscholar
Harrington, R. dan Rekdal S. 2007. How to Wow with PowerPoint. Peachpit Press: Barkeley
Kozma, R. B. 1991. Learning with Media. Review of Educational Research. Vol. 61, hal. 179-212. Diakses melalui: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct =j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&c ad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjT07W W5_jLAhWSjo4KHTHRBl8QFggdMA A&url=http%3A%2F%2Frobertkozma. com%2Fimages%2Fkozma_rer.pdf& usg=AFQjCNEjxuFSImltkJFtehazJUh 7vG62Zg
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 1. Depdiknas: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006.Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 2. Depdiknas: Jakarta.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. P2TK: Jakarta
Drouin, M., Hile R. E., Vartanian, L.R., dan Webb, J. 2013. Student Preferences for Online Lecture Formats: Does Prior Experience Matter?The Quarterly Review of Distance Education, Vol. 14(3), hal. 151-162 diakses melalui http://search.proquest.com/openview/ d371126d0c3894b1603756bbec1043 8b/1?pq-origsite=gscholar
Harrington, R. dan Rekdal S. 2007. How to Wow with PowerPoint. Peachpit Press: Barkeley
Kozma, R. B. 1991. Learning with Media. Review of Educational Research. Vol. 61, hal. 179-212. Diakses melalui: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct =j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&c ad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjT07W W5_jLAhWSjo4KHTHRBl8QFggdMA A&url=http%3A%2F%2Frobertkozma. com%2Fimages%2Fkozma_rer.pdf& usg=AFQjCNEjxuFSImltkJFtehazJUh 7vG62Zg
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 1. Depdiknas: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006.Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 2. Depdiknas: Jakarta.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. P2TK: Jakarta
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.