PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK FLASH-LIKE POWERPOINT BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Martini Martini Jurusan IPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Aris Rudi Purnomo Jurusan IPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p66-71

Keywords:

teknologi, media pembelajaran, flash-like powerpoint, materi IPA

Abstract

Di era digital, penguasaan terhadap teknologi komputer mutlak dimiliki oleh siapapun, tidak terkecuali bagi seorang guru. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran kepada siswa-siswanya. Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi siswa saat mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran juga dapat digunakan untuk menggambarkan fenomena alam yang prosesnya berlangsung secara abstrak. Kegiatan pendampingan pembuatan media flash-like powerpoint untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Pendampingan dilaksanakan di Kabupaten Jombang dan diikuti oleh 20 (dua puluh) guru IPA dari SMP Negeri se-kabupaten Jombang. Metode pelaksanaan terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini berupa media flash-like powerpoint karya guru-guru IPA. Respon peserta terhadap kegiatan pendampingan adalah positif. Peserta merasa mendapat manfaat dari kegiatan ini. Peserta juga merasa lebih termotivasi untuk mengajar, dan utamanya peserta juga mendapatkan keterampilan (life skill) untuk mengembangkan media-media pembelajaran lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coleman, M. B. 2009. PowerPoint is not just for Business Presentations and College Lectures: Using PowerPoint to Enhance Instruction for Students with Disabilities. TEACHING Exceptional Children Plus. Vol. 6, Issue 1.

Drouin, M., Hile R. E., Vartanian, L.R., dan Webb, J. 2013. Student Preferences for Online Lecture Formats: Does Prior Experience Matter?The Quarterly Review of Distance Education, Vol. 14(3), hal. 151-162 diakses melalui http://search.proquest.com/openview/ d371126d0c3894b1603756bbec1043 8b/1?pq-origsite=gscholar

Harrington, R. dan Rekdal S. 2007. How to Wow with PowerPoint. Peachpit Press: Barkeley

Kozma, R. B. 1991. Learning with Media. Review of Educational Research. Vol. 61, hal. 179-212. Diakses melalui: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct =j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&c ad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjT07W W5_jLAhWSjo4KHTHRBl8QFggdMA A&url=http%3A%2F%2Frobertkozma. com%2Fimages%2Fkozma_rer.pdf& usg=AFQjCNEjxuFSImltkJFtehazJUh 7vG62Zg

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 1. Depdiknas: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006.Instrumen Penilaian Kinerga Guru IPKG 2. Depdiknas: Jakarta.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. P2TK: Jakarta

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 741 , PDF Downloads: 321