IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU IPA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BUNGAH GRESIK

Ahmad Bashri, Ulfi Faizah, Rinie Pratiwi Puspitawati

Abstract


Pembelajaran saintifik menuntut siswa lebih aktif dengan menerapkan langkah-langkah 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Namun, penerapan pembelajaran saintifik masih belum banyak dilakukan oleh guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Bungah Gresik. Banyak guru IPA di wilayah Kecamatan Bungah yang belum memahami pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan implementasi pembelajaran saintifik dalam bentuk pengembangan rencana pembelajaran bagi para guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Bungah Gresik. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu mengembangkan RPP saintifik. Peserta memberikan tanggapan yang baik terhadap kegiatan pelatihan implementasi pembelajaran saintifik melalui pengembangan RPP mereka.

Keywords


Pembelajaran saintifik; RPP; guru IPA MI Kecamatan Bungah

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Lampiran IV , Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Machin A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3, No 1 (2014).

Marjan J, Arnyana IBP, Setiawan IGAN. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No. 1 2014.

Media Pendidikan Indonesia. 2014. Pembelajaran Pendekatan Saintifik. http://www.m-edukasi.web.id/search/label/pengertian% 20pembelajaran%20saintifik diakses 20 Maret 2015.

Rustaman NY. dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Wijayanti. 2014. Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (2) 2014: 102-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


joomla
analytics View My Stats