PENGOLAHAN IKAN PATIN MENJADI PRODUK MAKANAN PATIN PRESTO, BAKSO DAN NUGGET DI SEMBORO-JEMBER

Authors

  • Ika Oktavianawati Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Jember
  • Niken Widya Palupi Jurusan Teknologi Hasil Pangan, FTP, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p40-44

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), patin, presto, bakso, nugget

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan skim program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Kelompok Petani Ikan di Desa Semboro, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember telah dilaksanakan. Kegiatan ini didasarkan pada eksplorasi komoditas lokal ikan patin untuk produk olahan dengan gizi tinggi dan praktisnya penanganan. Produk olahan yang dihasilkan dalam kegiatan ini diantaranya berupa patin presto, nugget dan bakso. Antusias anggota kelompok petani ikan terhadap kegiatan ini sangat positif. Namun terdapat salah satu kendala yang dihadapi kelompok petani ikan saat ini adalah kekurangtersediaan bahan ikan patin akibat kejenuhan petani dalam membudidayakan ikan patin dan juga faktor pasar. Munculnya alternatif produk olahan ikan patin ini diharapkan mampu menggugah minat masyarakat untuk melakukan pengembangan budidaya ikan patin kembali di daerah ini. Produk olahan ini juga diharapkan mampu menghilangkan kejenuhan konsumen akan produk ikan yang umumnya hanya digoreng, disup ataupun dibakar saja. Adanya produk olahan ikan patin yang praktis dan lezat untuk dinikmati akan menjadi keunggulan tersendiri dari produk ini. Diharapkan munculnya produk olahan ikan patin ini akan mampu meningkatkan nilai tambah komoditi ikan patin di wilayah Jember. Secara ekonomi, diharapkan pula taraf hidup para kelompok petani ikan di desa Semboro ini dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, D., dan Utami, R., 2006, Evaluasi Laju Pertumbuhan, Keragaman Genetik dan Estimasi Heterosis pada Persilangan antar Spesies Ikan Patin (Pangasius sp.), Jurnal Perikanan, vol. VIII, no. 1, pp. 81-86.

Domiszewski, Z., Bienkiewicz, G., and Plust, D., 2011, Effects of Different Heat Treatments on Lipid Quality of Striped Catfish (Pangasius hypophthalmus), Acta Scientiarum Polonorum, Technol. Aliment., vol. 10, no. 3, pp. 359-37.

Kaban, J. dan Daniel, 2005, Sintesis n-Etil Ester Asam Lemak dari beberapa Minyak Ikan Air Tawar, Jurnal Komunikasi Penelitian, vol. 17, no. 2, pp. 16-23.

KBRN Jember, 2014, Potensi budidaya ikan patin dongkrak taraf perekonomian masyarakat Jember, RRI.co.id, 14 mei.

Orban, E., Nevigato, T., Lena, G.D., Masci, M., Casini, I., Gambelli, L., and Caproni, R., 2008, New Trend in the Seafood Market. Sutchi Catfish (Pangasius hypopthalmus) Filet from Vietnam: Nutritional Quality and Safety Aspect, Food Chemistry, vol. 110, no. 2, pp. 383-389.

Panagan, A.T., Yohandini, H., dan Gultom, J.A., 2011, Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Asam Lemak Tak Jenuh Omega-3 dari Minyak Ikan Patin (Pangasius pangasius) dengan Metode Kromatografi Gas, Jurnal Penelitian Sains, vol. 14, no. 4c, pp. 14409-38 14409-42, Oktober 2011.

Radar Jatim, 2013, Cara budidaya ikan patin modern dan cepat panen, 26 Agustus.

Rahardja, B.S., Sari, D., Alamsjah, M.A., 2011, Pengaruh Penggunaan Tepung daging Bekicot (Achatina fulica) pada Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan, Rasio, Konversi Pakan dan Tingkat Kelulushidupan Benih Ikan Patin (Pangasius pangasius), Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, vol. 3, no. 1, pp. 117-122.

Solichah, Z., 2015, Pemkab Jember tingkatkan budidaya ikan patin, Antarajatim.com, 18 April.

Thuy, N.T., Loc, N.T., Linberg, J.E., and Ogle, B., 2002, Survey of the production, processing and nutritive value of catfish by-product meals in the Mekong Delta of Vietnam, Louisiana Agriculture

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5273 , PDF Downloads: 2525