KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SENI TRADISIONAL JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI PROVINSI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p34-39Keywords:
kepemimpinan pendidikan, seni tari, Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST)Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melestarikan seni tradisional dari kepunahan dengan memperkenalkan seni tradisional untuk siswa melalui studio seni tari di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Pendirian program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST) untuk menyediakan media belajar dan penghargaan bagi siswa dalam seni tari tradisional. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam PPST jenjang Sekolah Dasar, SMP, dan SMA di Jawa Timur serta konsep kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara dalam memenuhi program pengembangan dan peningkatan seni tradisional di Jawa Timur. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan dengan memberikan materi pelatihan tentang pengembangan dan peningkatan seni tari tradisional. Hasil dari kegiatan ini, terdapat peran strategis kepala sekolah dalam mengembangkan dan melestarikan seni tari tradisional dilihat dari bentuk kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ail, N. M. B. M., Taib, M. R. b., Jaafar, H. b., Salleh, W. A. R. b. M., & Omar, M. N. b. (2015). Principals Instructional Leadership And Teachers Commitment In Three Mara Junior Science Colleges (Mjsc) In Pahang, Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1848 1853.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn & Bacon.
Hanson, E. M. (2003). Educational Administration and Organizational Behavior : 5th Edition. Boston: Person Education, Inc.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Singapore: Springer.
Luthans, F. (2011). Organizational Behavior : 12th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Tomal, D. R. (, 2010). Action Research for Educators (Second Edition). Maryland: Rowman & Littlefield Education.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn & Bacon.
Hanson, E. M. (2003). Educational Administration and Organizational Behavior : 5th Edition. Boston: Person Education, Inc.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Singapore: Springer.
Luthans, F. (2011). Organizational Behavior : 12th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Tomal, D. R. (, 2010). Action Research for Educators (Second Edition). Maryland: Rowman & Littlefield Education.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.