PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU SMP

Authors

  • Putri Kumala Dewi Universitas Brawijaya
  • Maulfi Syaiful Rizal Universitas Brawijaya
  • Dany Ardhian Universitas Brawijaya
  • Vanda Hardinata Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17

Keywords:

Penulisan Artikel, Penelitian Tindakan Kelas, Guru SMP

Abstract

Menurut Permendikbud No. 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan, guru harus selalu berupaya meningkatkan kompetensi profesionalnya. Salah satunya dengan karya pengembangan profesi berupa artikel ilmiah. Artikel ilmiah menjadi syarat wajib guru dengan pangkat III/b dan kenaikan pangkat guru dari golongan IV/a ke IV/b. Untuk itu, keterampilan menulis artikel ilmiah menjadi penting bagi guru saat ini. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 8 dan 15 Agustus 2015 pada guru SMP Shalahuddin Malang. Pelatihan tahap I difokuskan pada kegiatan interogasi yaitu pemahaman kaidah penulisan artikel ilmiah dan kegiatan elaboratif dengan fokus mengembangkan ide menulis artikel ilmiah berbasis PTK. Selanjutnya pada tahap II, pelatihan difokuskan ke praktik penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah berbasis PTK. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas, meliputi tahap 1) interogasi, 2) elaboratif, 3) penulisan, dan 4) penyuntingan, baik dari segi proses maupun hasil. Hasil dari pelatihan ini adalah guru telah mahir menulis artikel ilmiah berbasis PTK pada bagian judul, abstrak, kata kunci, hasil penelitian, simpulan, saran, dan daftar rujukan. Namun, para guru masih mengalami hambatan pada bagian pendahuluan, metode, dan pembahasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buehl, Doug. 2001. Classroom Strategies for Interactive Learning. New York: International Reading Association.

Byrne, Donn. 1984. Teaching Writing Skills: Handbook for Language Teachers. Singapore: Longman Group.

Coelho, Elizabeth, dkk. 1989. All Sides of the Issue: Activities for Cooperative Jigsaw Groups. London: Alemary Press.

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Strategi Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press.
Kuntarto, Ninik M., dan Hendar Putranto. 2015. 99 Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Indopublika.

Lorch, Sue. 1984. Basic Writing a Practical Approach: Second Edition. Canada: Little Brown and Company.

Maimunah, Siti Annijat. 2007. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Permendikbud No.18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.
Permeneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Supriyadi. 2013. Menulis Karya Ilmiah dengan Pendekatan Konstruktivisme: Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah yang Inovatif dan Konstruktif. Gorontalo: UNG Press.

Suroso. 2007. Classroom Action Research: Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton Publishing
Suyanto, dan Asep, Jihad. 2014. Cara Cepat Belajar Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Multi Presindo.

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2861 , PDF Downloads: 1699