PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PANTAI DAN LAUT DI DAERAH PESISIR PANTAI SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p1-6Keywords:
kreativitas guru, pembelajaran saintifik, wilayah pesisir lautAbstract
Tujuan kegiatan ini adalah meningkatan kreativitas guru kewirausahaan SMA dan SMK dalam membuat RPP berbasis pantai dan laut khususnya di daerah pesisir pantai dan laut Sidoarjo. Pelatihan model pembelajaran saintifik berbasis pantai dan laut ini memiliki manfaat bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru-guru kewirausahaan SMA dan SMK se-Sidoarjo. Melalui kegiatan tersebut, guru kewirausahaan dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Selanjutnya, siswa pun dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Peran guru kewirausahaan dituntut supaya mampu meningkatkan kreativitasnya dalam membuat RPP yang berbasis pantai dan laut supaya dapat mengembangkan potensi sumber daya alam pantai dan laut di daerahnya masing-masing, dan mampu menciptakan produk inovatif dari sumber daya hasil pantai dan laut tersebut.Downloads
Download data is not yet available.
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulusm 2013. Bandung: Refika Aditama.
Bappeda Jatim. 8 Maret 2011. Pesisir Sidoarjo Marak Dikapling, Berita, (Online), dalam http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/0 3/08/pesisir-sidoarjo-marak-dikapling/, diakses tanggal 14 Maret 2016.
Dahuri, dkk. 1996. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradya Paramita.
Direktorat Pembinaan SMP. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional .2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republika.com. 31 Desember 2015. Guru Yogyakarta raih Nilai UKG Tertinggi, Berita, (Online), dalam http://www.republika.co.id/berita/kora n/didaktika/ 15/12/31/o07q886-guru-yogyakarta-raih-nilai-ukg-tertinggi, diakses tanggal 20 Maret 2016.
Simamora, Roymond H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. JakartaEGC
SuryaOnline.com. 22 September 2013. Hutan Mangrove Di Pesisir Timur Sidoarjo Rusak, Berita, (Online), dalam http://surabaya.tribunnews.com/2013/ 09/22/ hutan-mangrove-di-pesisir-timur-sidoarjo-rusak, diakses tanggal 14 Maret 2016.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yuliastutik, E. 2003. Pengaruh Status Sosial Terhadap Pola Konsumsi Pangan Keluarga Nelayan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Bappeda Jatim. 8 Maret 2011. Pesisir Sidoarjo Marak Dikapling, Berita, (Online), dalam http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/0 3/08/pesisir-sidoarjo-marak-dikapling/, diakses tanggal 14 Maret 2016.
Dahuri, dkk. 1996. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradya Paramita.
Direktorat Pembinaan SMP. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional .2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republika.com. 31 Desember 2015. Guru Yogyakarta raih Nilai UKG Tertinggi, Berita, (Online), dalam http://www.republika.co.id/berita/kora n/didaktika/ 15/12/31/o07q886-guru-yogyakarta-raih-nilai-ukg-tertinggi, diakses tanggal 20 Maret 2016.
Simamora, Roymond H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. JakartaEGC
SuryaOnline.com. 22 September 2013. Hutan Mangrove Di Pesisir Timur Sidoarjo Rusak, Berita, (Online), dalam http://surabaya.tribunnews.com/2013/ 09/22/ hutan-mangrove-di-pesisir-timur-sidoarjo-rusak, diakses tanggal 14 Maret 2016.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yuliastutik, E. 2003. Pengaruh Status Sosial Terhadap Pola Konsumsi Pangan Keluarga Nelayan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.