PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PANTAI DAN LAUT DI DAERAH PESISIR PANTAI SIDOARJO

Authors

  • Bambang Suratman Universitas Negeri Surabaya
  • Jun Surjanti Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p1-6

Keywords:

kreativitas guru, pembelajaran saintifik, wilayah pesisir laut

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatan kreativitas guru kewirausahaan SMA dan SMK dalam membuat RPP berbasis pantai dan laut khususnya di daerah pesisir pantai dan laut Sidoarjo. Pelatihan model pembelajaran saintifik berbasis pantai dan laut ini memiliki manfaat bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru-guru kewirausahaan SMA dan SMK se-Sidoarjo. Melalui kegiatan tersebut, guru kewirausahaan dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Selanjutnya, siswa pun dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Peran guru kewirausahaan dituntut supaya mampu meningkatkan kreativitasnya dalam membuat RPP yang berbasis pantai dan laut supaya dapat mengembangkan potensi sumber daya alam pantai dan laut di daerahnya masing-masing, dan mampu menciptakan produk inovatif dari sumber daya hasil pantai dan laut tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulusm 2013. Bandung: Refika Aditama.

Bappeda Jatim. 8 Maret 2011. Pesisir Sidoarjo Marak Dikapling, Berita, (Online), dalam http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/0 3/08/pesisir-sidoarjo-marak-dikapling/, diakses tanggal 14 Maret 2016.

Dahuri, dkk. 1996. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradya Paramita.

Direktorat Pembinaan SMP. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional .2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Republika.com. 31 Desember 2015. Guru Yogyakarta raih Nilai UKG Tertinggi, Berita, (Online), dalam http://www.republika.co.id/berita/kora n/didaktika/ 15/12/31/o07q886-guru-yogyakarta-raih-nilai-ukg-tertinggi, diakses tanggal 20 Maret 2016.

Simamora, Roymond H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. JakartaEGC

SuryaOnline.com. 22 September 2013. Hutan Mangrove Di Pesisir Timur Sidoarjo Rusak, Berita, (Online), dalam http://surabaya.tribunnews.com/2013/ 09/22/ hutan-mangrove-di-pesisir-timur-sidoarjo-rusak, diakses tanggal 14 Maret 2016.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yuliastutik, E. 2003. Pengaruh Status Sosial Terhadap Pola Konsumsi Pangan Keluarga Nelayan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 749 , PDF Downloads: 425