PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK GURU SMA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p110-116Keywords:
pkm, media interaktif, power point, revolusi industri 4.0, pendidikan 4.0Abstract
Tingkat pendidikan masyarakat di suatu Negara menentukan perkembangan dari Negara tersebut. Peserta didik saat ini merupakan generasi yang secara karakter memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya, sehingga memerlukan metode pembelajaran yang juga berbeda. Penyajian materi secara menarik dan interaktif menjadi salah satu cara untuk mampu menarik perhatian peserta didik selama kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan tersebut terjadi proses transformasi pengetahuan dari guru kepada peserta didiknya. Hal ini menyebabkan perlu adanya media pembelajaran yang tepat agar proses transformasi pengetahuan dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah pembuatan media interaktif berbasis power point untuk guru SMA. Pelatihan ini menjadi solusi praktis yang mampu membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran yang menarik, interaktif, dan berbasis teknologi. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ini, peserta pelatihan diberikan tugas untuk menyelesaikan sebuah project membuat media interaktif. Dari hasil penilaian yang dilakukan terdapat 78% peserta selesai mengerjakan project sesuai dengan waktu yang ditentukan, sedangkan 22% belum selesai mengerjakan project. Meskipun demikian, kegiatan ini dinilai bermanfaat dan berhasil membantu guru dalam membuat media interaktif dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan bidang ilmunya masing-masingDownloads
Download data is not yet available.
References
<p>APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. <em>Apjii</em>, 51. Retrieved from www.apjii.or.id</p><p>Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. <em>Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan</em>, <em>2</em>(3), 224229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224</p><p>Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., ¦ Saputri, V. G. (2018). <em>Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia</em>.</p><p>Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. <em>2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers</em>, (1), 359364. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302</p><p>Hartawan, I. N. B., & Sudiarsa, I. W. (2019). Analisis Kinerja Internet of Things Berbasis Firebase Real-Time Database. <em>Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer)</em>, <em>2</em>(1), 617. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v2i1.371</p><p>Kemdikbud. <em>Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia</em>. , (2003).</p><p>Monemi, R., Lufri, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Games Kuis Course Maze Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Peserta Didik Kelas Viii Smp Developing Interactive Multimedia Based on Power Point With Course Maze Games Kuis About Excretion System Material for Viii Grade Students of Junior High School. <em>Journal Biosains</em>, <em>1</em>(2), 252260. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/56</p><p>Putri, N. W. S., & Suryati, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Program Linier Berbasis Geogebra di STMIK STIKOM INDONESIA. <em>Jurnal Matematika</em>, <em>9</em>(2), 111. https://doi.org/10.24843/jmat.2019.v09.i02.p117</p>
Downloads
Published
2021-04-23
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.