PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PIDATO UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BERBICARA DI MUKA UMUM, PONDOK PESANTREN AL-FALAH, DESA MOJO, KECAMATAN PLOSO KABUPATEN KEDIRI, JAWA TIMUR

Authors

  • Najlatun Naqiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Farid Ilhamudin Universitas negeri surabaya
  • Mutimmatul Faidah Universitas negeri surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah universitas negeri surabaya
  • M. Turhan Yani universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p44-49

Keywords:

Pelatihan pidato, Self-Efficacy, PKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengatasi beberapa permasalahan utama yang dialami oleh pondok pesantren, yakni meningkatkan self-efficacy berbicara di muka umum pada santri. Santri kurang bisa memanagemen latihan pidato yang sesuai dengan kondisi sekarang dan berkelanjutan. Sebagian besar santri merasa kurang percaya diri tampil berbicara di muka umum. Sedangkan harapan orang tua kepada anak-anaknya ialah menginginkan mereka menjadi pemimpin dan ahli dakwah ketika kembali ke daerah masing-masing. Permasalahan tersebut yang dialami oleh Pondok Pesantren mitra œAl-Falah, Kecamatan Ploso, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk mencapai tujuan program PKM ini perlu dilakukan managemen latihan pidato bagi santri yang dilakukan setiap minggu. Serta adanya buku ajar keterampilan berbicara di muka umum sebagai pedoman saat latihan pidato. Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan antara bulan Juni hingga November 2019. Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test yang diberikan oleh Tim PKM kepada peserta pelatihan pidato kemampuan santri pondok pesantren Al-Falah Ploso Kediri ketika berbicara di depan umum mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan niali rata-rata saat pre-test sebesar 68,55 sedangkan nilai rata- rata post-test sebesar 73,075. Serta Dari hasil pelaksanaan PKM nampak santri antusias dalam mengikuti pelatihan pidato dan terdapat beberapa masukan terkait kegiatan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Mustamu H. R (2012). Menjadi pembicara public handal:Fenomena public speaker antara kebutuhan dan trend. Jurnal Komunikasi Islam. Volume 02 no 02 Desember 2012</p><p>Rakhmawati, I. (2014). Keterkaitan <em>Public Speaking </em>dalam Komunikasi Dakwah. At-Tabsyir. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Volume 2. No 1. Januari-Juni 2014.</p><p>Paradewari. S. D. (2017). <em>Investigating Students Self-Efficacy of Public Speaking</em>. International Journal of Education and Research Vol 5 no 10 Oktober 2017 </p><p>Bandura  A. (2012). <em>Social Foundations of Thought and Action</em> dalam buku <em>Health Psychology Reader.</em></p><p> Bailey, Stephen Bradley, "Efficacy of a Basic Public Speaking Course Delivered via a Virtual Community College" (2012). <em>Dissertations</em>. 832. <br /> https://aquila.usm.edu/dissertations/832  </p><p>Warren, Jami Leigh, (2011). The Relationship Between Service Learning and Public Speaking Self-Efficacy : To ward Engaging Todays Undergraduates. <em>Theses and Dissertations--Communication</em>. </p><p> <a href="http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1050651916636371" target="_top">Amy L. Housley Gaffney</a>, <a href="http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1050651916636371" target="_top">Sarah E. Kercsmar</a>,<strong> (2016).</strong><em> Students Affective Learning in a Technologically Mediated Writing and Speaking Course a Situated Learning Perspective. </em>Volume: 30 issue: 3, page(s): 322-351</p>

Downloads

Published

2021-07-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 449 , PDF Downloads: 426