PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERSTANDAR NASIONAL BAGI GURU IPA SMP KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Elok Sudibyo Jurusan IPA FMIPA Unesa
  • Tutut Nurita Jurusan IPA FMIPA Unesa
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA FMIPA Unesa
  • Wahyu Budi Sabtiawan Jurusan IPA FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p127-133

Keywords:

Instrumen penilaian, HOTS

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bekerjasama dengan sekolah menengah pertama di Kabupaten Kediri dengan tujuan peningkatan kompetensi guru-guru IPA di Kabupaten Kediri. Sasaran kegiatan PKM adalah guru-guru IPA SMP di Kabupaten Kediri. Kegiatan PKM ini akan fokus pada pendampingan pengembangan instrumen penilaian berstandar nasional bagi guru IPA di Kabupaten Kediri, dengan memperhatikan tiga aspek: (1) soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, (2) soal yang dikonstruksi berdasarkan persyaratan indikator soal, dan (3) soal yang sesuai dengan kisi-kisi BSNP. Luaran dari kegiatan PKM adalah draft soal yang dikembangkan oleh guru dan artikel yang akan dipublikasikan di jurnal ilmiah, dengan tujuan memberikan sumbangsih bagi ranah keilmuan dan menyebarluaskan informasi dari hasil yang telah dicapai selama kegiatan tersebut. Pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan merupakan kegiatan awal yang bertujuan menganalisis kebutuhan guru IPA, bahan pelatihan, dan perangkat evaluasi. Tahap kedua, kegiatan PKM difokuskan untuk mendampingi peserta menyusun instrumen penilaian sesuai dengan tiga aspek yang telah disebutkan sebelumnya. Tahap terakhir ialah tahap evaluasi. Tahap ini dibagi dua, meliputi evaluasi tugas atau kemampuan peserta melalui tugas yang telah dikerjakan dan evaluasi kegiatan PKM melalui umpan-balik peserta pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Guru-guru IPA SMP Kabupaten Kediri telah mampu menyusun soal dengan komposisi 41,7 % dalam kategori soal HOTS dan 58,3% dalam kategori soal non-HOTS. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah melakukan evaluasi soal pilihan ganda yang telah dibuat oleh peserta melalui validasi ahli.

Kata kunci: Instrumen penilaian, HOTS

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Anderson, L. W. And Krathwohl, D. R. 2001<em>. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives</em>. New York. Addison Wesley Longman, Inc.<strong></strong></p><p>Kemendikbud, 2014b, Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama.</p><p>Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.</p><p>Riduwan. 2012. <em>Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.</em> Bandung:Alfabeta.</p>Sugiyono. 2012. <em>Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &amp; D</em>. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 337 , PDF Downloads: 498