Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se-UPTD Pendidikan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur

Authors

  • Munasir Munasir Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya
  • Budi Jatmiko Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya
  • Dwikoranto Dwikoranto Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya
  • Hainur Rasid A Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p119-125

Keywords:

Karya ilmiah, SD/MI, guru profesional

Abstract

Profesi sebagai guru adalah tenaga profesional, dimanan standard kualifikasi dan kompetensi profesi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian) merupakan bagian tak terpisahkan. Keterbatasan waktu, jam ngajar yang padat, sangat menggangu guru dalam merancang dan menyiapkan jenjang karirnya. Laporan penilaian usulan PAK guru yang dilakukan oleh LPMP Jawa Timur dengan tim penilai dari kepegawaian pusat, khusus untuk usulan PAK guru dari Kab. Nganjuk, sebanyak 87,7% guru SD tidak memenuhi syarat. Kegagalan tersebut utama disebabkan nilai karya ilmiah yang diajukan tidak dapat dinilai, karena tidak bisa memenuhi syarat penulisan ilmiah yang baik dan benar. Pada guru SD/MI di lingkup UPTD pendidikan Sawahan-Nganjuk, mayoritas guru (sekitar~89,3%) mengalami hal yang sama. Bertolak dari temuan tersebut, tim PKM-FMIPA Universitas Negeri Surabaya, akan mencoba membantu mengatasi persoalan tersebut, dengan cara: (i) melakukan analisis kemampuan awal guru; (ii) menggunakan metode yang tepat untuk memotivasi para guru; (iii) menggunakan strategi yang tepat untuk melatihkan kemampuan menulis karya ilmiah; dan (iv) melakukan evaluasi kemampuan akhir guru dalam menulis ilmiah yang lanyak untuk di muat di jurnal ilmiah ber ISSN. Hasil kegiatan PKM ini adalah: (i) peserta antusias mengikuti,  ternyata yang hadir sekitar 84,62% (33 guru); (ii) Materi-materi ini terbukti sangat membantu peserta, meskipun pada kenyataannya, pada hasil angket peserta setelah mengikuti pelatihan, menyatakan: mudah /bisa (3 guru (9,1%) ), sulit (17 guru (51,5%)) dan sangat sulit (13 guru (39,4%)); dan (iii) Produk akhir dari pelatihan ini adalah semua peserta telah membuat draft artikel ilmiah dengan kualitas, 1 artikel sudah sangat baik, 20 draf artikel cukup baik/sedang (ada revisi sedang), dan 12 draf artikel cukup (dengan revisi mayor).

Kata Kunci:  Karya ilmiah, SD/MI, guru profesional

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005<em>). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. </em>Jakarta: Prenada Media<em></em></p><p>Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). <em>Penulisan Karangan Ilmiah. </em>Jakarta: Akademika Presindo.</p><p>BPSDM-Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, (2012). Kebijakan Pengembangan Profesi Guru : Materi PLPG 2012. Jakarta: Kemendiknas.</p><p>BKN, 2009. Peraturan Bersama Mentri Pendidikan nasional-Menpan-BKN: aturan usulan kenaikan pangkat guru. Jakarta: BKN.</p><p>Depdiknas, (2005). Undang Undang Guru dan Dosen. Jakarta: kemendiknas</p><p>Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.(2001<em>). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. </em>Jakarta:2001</p><p>Haryanto. (2006). <em>Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi</em>. Disampaikan dalam Lokakarya<em> </em>Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu<em> </em>Pendidikan UNY.</p><p>LPPM-Jatim, 2013. Laporan nominatif hasil penilaian prestasi guru: 412 Lulus dan 1.312 Belum Lulus, Hotel Utami, 02 s.d. 07 Oktober 2013.</p><p>Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009,(2009). <em>Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka</em> <em>Kreditnya</em>, Yogyakarta Tatang, M,Amirin. (2006). <em>Menulis Karya Ilmiah (Artikel). </em>Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se- Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.</p><p>Soeparno.(2005). <em>Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah</em>. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah). Jurusan AP FIP UNY, 16-20 Mei 2003.</p><p>Suyanto. (2001<em>). Teknik Penulisan Artikel lmiah</em>. Makalah disampaikan dalam Lokarkarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober 2003.</p>Unifah Rosyidi, dkk, (2013). Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2013 : Pedoman Peserta PLPG (Buku 1). Jakarta. 2013.

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 656 , PDF Downloads: 1473