PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PADA PELAKU USAHA KERIPIK TEMPE DAN KERIPIK BUAH DESA SUKOREJO KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p18-22Keywords:
pemasaran online, toko online, pelatihan dan pendampinganAbstract
UMKM Desa Sukorejo memiliki beberapa produk unggulan yang tergabung dalam BUMDes Podhojoyo Sukorejo. Banyaknya produk yang dihasilkan oleh UMKM setempat, mendorong masyarakat dan pengelola BUMDes Podhojoyo Sukorejo untuk belajar terkait pemasaran online. Kegiatan PKM ini berupaya memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran online dengan materi pelatihan mengenai konsep komunikasi pemasaran dan pengenalan aplikasi pendukung pemasaran online (Shopee). Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan serta monitoring evaluation agar proses pelaksanaan program PKM ini dapat berjalan sesuai rencana, memperoleh hasil sesuai harapan dan tuntas dilaksanakan. Hasil pelatihan pemasaran online menunjukan bahwa peserta menjadi lebih mengetahui besarnya peluang pasar melalui toko online. Selain itu, peserta juga lebih mengetahui proses memasarkan produk yang dimiliki pada toko online.
Kata Kunci: pemasaran online, toko online, pelatihan dan pendampingan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.