PELATIHAN KESELAMATAN KERJA UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p84-89Keywords:
keselamatan kerja, laboratorium, Kurikulum K-13Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatakan pemanfaatan laboratorium sebagai salah satu sarana untuk pembelajaran. Kurikulum K-13 dengan pendekatan saintifik menuntut guru untuk lebih mengoptimalkan laboratorium pada kegiatan mencoba dari M ke 3 pada rangkaian 5M pada pendekatan saintifik. Metode yang digunakan adalah dengan pemberian materi dilanjutkan dengan workshop untuk keselamatan kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan RPP yang didalamnya sudah mengaplikasikan keselamatan kerja di laboratorium. Pelatihan ini dilakukan di MGMP guru IPA kota Probolinggo, dilakukan pada bulan Nopember tanggal 20 dengan diikuti oleh 59 peserta guru IPA dari 15 sekolah yang ada di kota Probolinggo. Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh para peserta. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan dan ketrampilan terkait manejemen laboratorium dan juga keselamatan kerja dari guru mengalami peningkatan. Hasil secara keseluruhan adalah RPP yang disusun didalamnya telah menerapkan LKS yang sudah berbasis keselamatan kerja.Downloads
Download data is not yet available.
References
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Jenderal Dikti. 2012. Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Directorate General of Higher Education Ministry of National Education Republic of Indonesia. Higher Education Long Term Strategy 2003-2010.
Team World Bank. October 2008. Teacher Certiication in Indonesia: A Strategy for Teacher Quality Improvement. Draft prepared for the Director- Generale of Higher Education.
Direktorat Jenderal Dikti. 2012. Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Directorate General of Higher Education Ministry of National Education Republic of Indonesia. Higher Education Long Term Strategy 2003-2010.
Team World Bank. October 2008. Teacher Certiication in Indonesia: A Strategy for Teacher Quality Improvement. Draft prepared for the Director- Generale of Higher Education.
Downloads
Published
2016-10-20
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.