PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Manuharawati Manuharawati Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Sutinah Sutinah Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p61-66

Keywords:

pendampingan, proposal PTK, guru SD

Abstract

Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian, sehingga perlu dilakukan upaya yang dapat menumbuhkan sikap, kemampuan dan keterampilan meneliti pada para guru. Untuk keperluan tersebut, Tim Pelaksana melakukan kegiatan PKM yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proposal PTK yang disusun oleh guru-guru SD di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, dan respon peserta. Sebagai khalayak sasaran adalah 40 orang kepala sekolah dan guru SD. Materi tentang Konsep PTK disampaikan dengan setting lecture dan whole class discussion, kemudian dilanjutkan dengan workshop penyusunan proposal PTK. Secara umum peserta merespon positif karena 36 peserta (92,31%) menyatakan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat, meskipun waktunya terlalu singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Amin, S.M. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Suatu Upaya untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Makalah disajikan pada Seminar Regional Hasil-hasil Penelitian Pendidikan Matematika, FMIPA Unesa, Oktober 2003.

Carr, W. & Kemmis, S. 1989. Being Critical: Education, Knowledge, and Action Research. London: Falmer Press.

McNiff, J. 1992. Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.

Mills, Geoffrey E. 2000. Action Research. A Guide for the Teacher Researcher. Upper Saddle River, NJ: Merrill, an Imprint of Prentice Hall.

Mukhlis, Abdul. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Langkah-langkah. Editor: Mohamad Nur. Makalah dipresentasikan pada pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se Kabupaten Tuban.

Muslihuddin, & Agustin, M. 2008. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Lotus Printing.

Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru. Konsep Dasar, Masalahtika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardani, I.G.A.K.; Wihardit, K.; Nasution, N. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Perbukuan Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2016-10-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 627 , PDF Downloads: 329