PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KASIMAN KABUPATEN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p61-66Keywords:
pendampingan, proposal PTK, guru SDAbstract
Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian, sehingga perlu dilakukan upaya yang dapat menumbuhkan sikap, kemampuan dan keterampilan meneliti pada para guru. Untuk keperluan tersebut, Tim Pelaksana melakukan kegiatan PKM yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proposal PTK yang disusun oleh guru-guru SD di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, dan respon peserta. Sebagai khalayak sasaran adalah 40 orang kepala sekolah dan guru SD. Materi tentang Konsep PTK disampaikan dengan setting lecture dan whole class discussion, kemudian dilanjutkan dengan workshop penyusunan proposal PTK. Secara umum peserta merespon positif karena 36 peserta (92,31%) menyatakan bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat, meskipun waktunya terlalu singkat.Downloads
Download data is not yet available.
References
________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Amin, S.M. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Suatu Upaya untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Makalah disajikan pada Seminar Regional Hasil-hasil Penelitian Pendidikan Matematika, FMIPA Unesa, Oktober 2003.
Carr, W. & Kemmis, S. 1989. Being Critical: Education, Knowledge, and Action Research. London: Falmer Press.
McNiff, J. 1992. Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
Mills, Geoffrey E. 2000. Action Research. A Guide for the Teacher Researcher. Upper Saddle River, NJ: Merrill, an Imprint of Prentice Hall.
Mukhlis, Abdul. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Langkah-langkah. Editor: Mohamad Nur. Makalah dipresentasikan pada pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se Kabupaten Tuban.
Muslihuddin, & Agustin, M. 2008. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Lotus Printing.
Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru. Konsep Dasar, Masalahtika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardani, I.G.A.K.; Wihardit, K.; Nasution, N. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Perbukuan Universitas Terbuka.
Amin, S.M. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Suatu Upaya untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Makalah disajikan pada Seminar Regional Hasil-hasil Penelitian Pendidikan Matematika, FMIPA Unesa, Oktober 2003.
Carr, W. & Kemmis, S. 1989. Being Critical: Education, Knowledge, and Action Research. London: Falmer Press.
McNiff, J. 1992. Action Research: Principles and Practice. London: Routledge.
Mills, Geoffrey E. 2000. Action Research. A Guide for the Teacher Researcher. Upper Saddle River, NJ: Merrill, an Imprint of Prentice Hall.
Mukhlis, Abdul. 2003. Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Langkah-langkah. Editor: Mohamad Nur. Makalah dipresentasikan pada pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se Kabupaten Tuban.
Muslihuddin, & Agustin, M. 2008. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Lotus Printing.
Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru. Konsep Dasar, Masalahtika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardani, I.G.A.K.; Wihardit, K.; Nasution, N. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Perbukuan Universitas Terbuka.
Downloads
Published
2016-10-20
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.