PEMANTAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GURU-GURU SMP LAB UNESA MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • Masriyah Masriyah Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Kusrini Kusrini Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Endah B. R. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Abadi Abadi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p54-60

Keywords:

Lesson Study, pendekatan Saintifik, kurikulum 2013

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengangkat tema mengenai Lesson Study. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Lab Unesa. Peserta yang hadir sebanyak 10 orang guru bidang studi, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama (tahap PLAN) dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 25 September 2014 dengan agenda kegiatan pemaparan materi pelatihan: Lesson study, pendekatan saintifik dan kurikulum 2013, pengembangan perangkat pembelajaran dan sistem penilaian kurikulum 2013, dilanjutkan dengan workshop pengembangan perangkat, reviu perangkat dan revisi perangkat pembelajaran. Bagian kedua (tahap DO), dilaksanakan pada tanggal 29 September 2014, dengan agenda kegiatan pelaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi. Bagian ketiga (tahap SEE) dilaksanakan pada tanggal 30 September 2014 dengan agenda kegiatan refleksi kegiatan pembelajaran, untuk melihat kelebihan dan kelemahan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, 2008. Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan LPTK. Jakarta: Direktorat Ke-tenagaan, Dirjen Pendidikan Tinggi.

Hendayana, Sumar, dkk., 2006. Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI PRESS.

Ibrohim, t.th. Teknik Moderasi dalam Diskusi Refleksi Lesson Study. Malang: FMIPA-UM.

Joharmawan, Ridwan, t.th. Pelaksanaan Kegiatan Lesson Study di Sekolah. Malang: FMIPA- Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66 Tahun 2013 tanggal 23 Mei 2013.

Sinaga, Bornok. 2008. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Asesmen Autentik Model.Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran. html:file://F:\LS%20Proposal\Lesson %20Study %20untuk %20 Meningkatkan.... (download tanggal 28 Januari 2009 jam 13.00)

Sugiman S. 2008. MGMP Matematika Kota Bengkulu 2008. html:file://F:\LS%20Proposal\Sugiman%20Singadilaga%20MGMP%20Ma.... (download tanggal 28 Januari 2009 jam 12.00)

Sukirman, 2007. Rambu-Rambu Pelaksanaan Lesson Study. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim. 2008. Prinsip-Prinsip Dasar Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru. Bandung: UPI

Tim, 2013. Kajian Penilaian Kurikulum 2013, Dirjen Dikdasmen, Jakarta

Universitas Pendidikan Indonesia, 2008. Implementasi Lesson Study: Program Pengembangan Profe-sionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Karawang, Kabupaten & Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. Bandung: UPI.

Widjajanti, Djamilah Bondan, 2007. Lesson Study: Membangun guru, komunitas belajar, dan pem-belajaran matematika yang semakin baik. Makalah Seminar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-10-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 314 , PDF Downloads: 152