PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SD BAITUL FATAH SURABAYA

Authors

  • Woro Setyarsih Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Nugrahani Primary Putri
  • Abdul Kholiq, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p25-32

Keywords:

Kuri kulum 2013, workshop, penilaian

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 memunculkan beberapa masalah khususnya di Sekolah Dasar diantaranya adalah proses melakukan penilaian hasil belajar. Menyikapi hal ini Tim PKM melakukan pendampingan dalam penyusunan perangkat pembelajaran untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi untuk mendapatkan kesamaan konsepsi Kurikulum 2013 dan pemaparan prosedur penyusunan perangkatnya dilanjutkan dengan workshop penyusunan perangkat, lalu penerapan perangkat dalam pembelajaran di kelas diikuti proses brainstorming untuk melakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan, dan terakhir merevisi perangkat pembelajaran sesuai dengan hasil refleksi. Kemampuan guru-guru SD Islam Baitul Fatah Surabaya dalam penyusunan perangkat pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 mengalami peningkatan rata-rata (gain skor) antara 0,31-0,33. Peningkatan tersebut terjadi pada 8-12 aspek dari 14 aspek pengamatan. Kendala para guru selama menerapkan perangkat pembelajaran di kelas diantaranya penguasaan materi pelajaran kurang, melaksanakan pembelajaran kurang runtut, dan kurang dapat mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari (tidak kontekstual). Kreativitas para peserta nampak dalam pembuatan media pembelajaran dan mengupayakan alat peraga untuk proses pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohmatiah, 2014. Pengembangan Ke-profesian Berkelanjutan: Tantangan Menuju Profesionalisme, (http://www.lpmpsulsel.net/v2/index.php?option=com, diakses pada tanggal 26 April 2014)

Yani, Ahmad, 2008. Penyusunan Model PTK (Untuk Memenuhi 12 Point Kenaikan Pangkat ke IVB). Disampaikan pada Lokakarya Implementasi Model PTK dan Model Lesson Study, 2-3 Desember 2008, FPIPS, UPI Bandung.

Anonim. Tanpa tahun. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu. Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anonim. Tanpa Tahun. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu. Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahun 2014, SD Kelas I, Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anonim. 2014. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013

Downloads

Published

2016-10-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 337 , PDF Downloads: 238