PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU DI YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI

Authors

  • Wisanti Wisanti Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Kristinawati Putri Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p8-17

Keywords:

LKS, Kurikulum 2013, Guru Bhayangkari

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) Melatihkan penyusunan LKS berbasis Kurikulum 2013 bagi guru-guru Yayasan Kemala Bhayangkari Surabaya dan (2) Pendampingan guru-guru Yayasan kemala Bhayangkari Surabaya selama pembuatan LKS berbasis Kurikulum 2013. Kegiatan PKM dikemas dalam bentuk workshop dan dilanjutkan kegiatan review LKS yang telah disusun oleh peserta workshop. Khalayak sasaran PKM adalah para guru Yayasan Kemala Bhayangkari Surabaya. Kegiatan dilaksanakan satu hari untuk workshop, 2 minggu untuk penyusunan LKS dan 1 minggu untuk review LKS. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan PKM ini berupa angket respons peserta workshop, lembar telaah LKS serta sumber pustaka berupa contoh LKS berbasis saintifik. Kegiatan workshop dilaksanakan hari sabtu, tanggal 13 September 2014 Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru dari Yayasan kemala Bhayangkari Surabaya meliputi guru SD, SMP dan SMA. Kegiatan workshop berjalan dengan tertib dan menghasilkan produk berupa desain awal LKS yang akan disusun. Namun, untuk LKS yang disusun oleh tiap kelompok tidak tepat waktu dikirimkan ke tim PKM, hanya ada 7 LKS yang telah diterima tim PKM. Setelah ditelaah oleh tim PKM, naskah LKS yang disusun peserta sudah memenuhi kriteria kelayakan LKS yang cukup baik. Adpun rata-rata respons positif peserta terhadap pelaksanaan workshop Penyusunan LKS berbasis Kurikulum 2013 sebesar 96.67 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Fitrihidajati, Herlina, dkk. 2009. Laporan Penelitian Hibah Pekerti Tahun Pertama Penerapan Berbagai Tipe Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Surabaya: LPPM Unesa.

Fitrihidajati, Herlina, dkk. 2010. Laporan Penelitian Hibah Pekerti Tahun Kedua: Penerapan Berbagai Tipe Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Surabaya: LPPM Unesa.

Fitrihidajati, Herlina. 2013. Laporan Pendampingan Implementasi Kurikulum Bagi Guru IPA di Bangkalan. Jakarta: Kerjasama Direktorat PSMP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi.
Nuh, Mohammad. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS). (Makalah disajikan dalam Seminar Pengabdian pada Masyarakat. Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan KTSP bagi Guru SMK/MAK pada 22 Agustus 2008.) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-10-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 350 , PDF Downloads: 247