Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Sebagai Alternatif Pengganti AB MIX Pada Perangkat Hidroponik Di SMA Kebangsaan Pondok Aren

Authors

  • Yuni Astuti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta http://orcid.org/0000-0002-5661-7021
  • Maryanti Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta
  • Suci Lestari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta
  • Devi Anugrah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p6-11

Keywords:

Pupuk Organik Cair (POC), sayur dan buah, Hidroponik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari UHAMKA yang dilaksanakan pada tanggal  26 Januari dan 9 Februari  2019 di SMA Kebangsaan Pondok Aren, Tangerang Selatan ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi warga sekolah tersebut. SMA Kebangsaan merupakan sekolah menengah yang terdapat di Kota Tangerang Selatan yang dijadikan mitra. Sekolah ini dinilai cukup strategis sebagai sasaran kegiatan pengabdian ini karena letaknya dekat dengan pasar tradisional Ceger, dimana bahan dasar pembuatan POC berupa limbah sayur dan buah sangat melimpah. SMA Kebangsaan mempunyai instalasi hidroponik yang digunakan untuk pengaplikasian POC sebagai nutrisi alternatif pengganti AB-MIX. Tujuan pengabdian ini untuk memanfaatkan limbah pasar di sekitar lingkungan sekolah sebagai nutrisi alternatif pegganti AB MIX pada perangkat hidroponik. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan yang terdiri dari penyuluhan tentang konsep POC sebagai nutrisi alternatif penanaman secara hidroponik, praktik pembuatan POC,  dan latihan pengoperasian alat penunjang pembuatan POC, seperti pH meter, TDS/EC meter, dan timbangan digital. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah 98% peserta dapat mengolah limbah sayur dan buah menjadi POC.  Kegiatan pelatihan ini  memberikan kemudahan kepada guru dalam menerapkan proses pembuatan POC sebagai media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi guru sebesar 85%. Kendala yang dihadapi adalah aroma asam yang menyengat dari POC yang mengganggu kenyamanan warga sekolah dan adanya belatung (larva lalat) pada POC yang membuat sebagian siswa merasa tidak nyaman untuk menggunakan POC pada instalasi hidroponik di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuni Astuti, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Program Studi Pendidikan Biologi

References

Astuti, A. (2000). Retrieved 2019, from repository umy: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7145
Handayani, S. H., Yunus, A., & Susilowati, A. (2015, April). Uji Kualitas Pupuk Organik Cair dari Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal (MOL). EL-VIVO, 3(1), 54-60.
Kusuma, M. E. (2012). Pengaruh Berbagai Jenis Pupuk Kandang terhadap Kualitas Bokashi. Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 2(1), 41-46.
Omaranda, T., Setyono, S., & Adimihardja, S. A. (2016, April). Efektivitas Pencampuran Pupuk Organik Cair dalam Nutrisi Hidroponik pada Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Agronida, 2(1), 37-46.
Setyaningsih, M., & Astuti, Y. (2018). Pemanfaatan Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Sayur Dan Buah Dari Pasar Tradisional Kramat Jati Sebagai Alternatif Nutrisi Pada Perangkat Hidroponik. Jakarta: Lemlitbang UHAMKA.
Siboro, E. S., Surya, E., & Herlina, N. (2013). Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Biogas dari Campuran Limbah Sayuran. Jurnal Teknik Kimia USU, 2(3).
Zaman, B., & Sutrisno, E. (2007). Studi Pengaruh Pencampuran Sampah Domestik, Sekam Padi, dan Ampas Tebu dengan Metode Mac Donald terhadap Kematangan Kompos. Jurnal Presipitasi, 2(1), 1-7.

Downloads

Published

2021-07-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 427 , PDF Downloads: 589