Evaluasi Penerapan Metode Belajar Pomodoro Dan Flashcard Berbasis Website Sebagai Media Belajar Mandiri Pada Smpn 45 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v11i1.40727Abstract
Pembelajaran mandiri adalah salah satu kemampuan yang sangat penting bagi pelajar guna meraih keberhasilan dalam studi. Namun, banyak pelajar yang masih mengalami tantangan dalam menemukan cara belajar yang tepat. Program pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memperkenalkan metode belajar Pomodoro dan Flashcards sebagai alat belajar mandiri kepada siswa SMPN 45 Palembang. Metode Pomodoro membantu pelajar mengatur waktu belajar dengan memecah sesi tersebut menjadi interval yang terstruktur, sedangkan Flashcards menawarkan cara interaktif untuk mengingat konsep dan materi pelajaran. Kegiatan ini meliputi pelatihan, demonstrasi, dan pendampingan dalam penerapan kedua metode belajar tersebut. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan pemahaman pelajar mengenai strategi belajar mandiri, kemampuan dalam pengelolaan waktu yang lebih baik, dan peningkatan motivasi belajar. Melalui penggunaan metode ini, diharapkan siswa dapat secara konsisten meraih pencapaian belajar yang lebih optimal.
Kata Kunci: Metode Belajar, Pomodoro, Flashcard, interaktif
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 111
,
PDF Downloads: 76

