Evaluasi Penerapan Metode Belajar Pomodoro Dan Flashcard Berbasis Website Sebagai Media Belajar Mandiri Pada Smpn 45 Palembang

Authors

  • Kurniati Kurniati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Nurlaili Rahmi Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Herlinda Kusmiati Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Bima Saputra Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Kartika Puspita Putri Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Paulian Bernandus Sinaga Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v11i1.40727

Abstract

Pembelajaran mandiri adalah salah satu kemampuan yang sangat penting bagi pelajar guna meraih keberhasilan dalam studi. Namun, banyak pelajar yang masih mengalami tantangan dalam menemukan cara belajar yang tepat. Program pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memperkenalkan metode belajar Pomodoro dan Flashcards sebagai alat belajar mandiri kepada siswa SMPN 45 Palembang. Metode Pomodoro membantu pelajar mengatur waktu belajar dengan memecah sesi tersebut menjadi interval yang terstruktur, sedangkan Flashcards menawarkan cara interaktif untuk mengingat konsep dan materi pelajaran. Kegiatan ini meliputi pelatihan, demonstrasi, dan pendampingan dalam penerapan kedua metode belajar tersebut. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan pemahaman pelajar mengenai strategi belajar mandiri, kemampuan dalam pengelolaan waktu yang lebih baik, dan peningkatan motivasi belajar. Melalui penggunaan metode ini, diharapkan siswa dapat secara konsisten meraih pencapaian belajar yang lebih optimal.

 

Kata Kunci: Metode Belajar, Pomodoro, Flashcard, interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-06-2025
Abstract views: 111 , PDF Downloads: 76