PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN MEDIA BERBAHAN BEKAS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Evangelista Lus Windyana Palupi Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Khabibah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p97-105

Abstract

Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar matematika secara bermakna dan realistik bagi siswa. Prinsip emergent modeling dalam PMR menuntut ketersediaan media pembelajaran agar siswa dapat membayangkan situasi masalah yang diberikan. Namun permasalahan yang muncul adalah keterbatasan media murah yang dapat digunakan guru dan keterbatasan pengetahuan guru dalam merancang pembelajaran matematika realistik berbantuan media. Di lain pihak, sejumlah besar barang bekas dibiarkan menumpuk, kurang dimanfaatkan. Padahal barang bekas dapat didaur ulang menjadi barang dengan nilai guna, salah satunya dengan memanfaatkannya untuk kepentingan belajar dan mengajar matematika. Pelatihan pembelajaran matematika realistik dengan bantuan media berbahan bekas di sekolah dasar dapat menjadi solusi praktis untuk membantu guru menyelenggarakan proses pembelajaran matematika yang bermakna, menarik, interaktif, mudah diikuti dan murah. Meskipun rancangan pembelajaran yang dihasilkan belum memenuhi prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika realistik, kegiatan ini dinilai bermanfaat dan berhasil dalam membantu guru untuk memilih bahan bekas sebagai media dan merancang pembelajaran matematika dengan media tersebut. Dari kegiatan ini, dihasilkan 27 desain pembelajaran matematika dengan media berbahan bekas yang berbeda dari 36 desain yang dibuat. Rancangan pembelajaran yang dibuat meliputi beberapa topik matematika untuk kelas 3 dan 4 sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Aini, dkk. 2015. <em>Penggunaan Media Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.</em></p><p>Ekawati, R. dkk. 2016. <em>Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Study</em>. Jurnal Abdi Vol.1 No.2 Januari 2016, hal. 130 134</p><p>Goffree, Fred dan Maarten Dolk. 1995. Freudenthal Institute. Ultrecht: Universiteit Ultrecht.</p><p>Khabibah, Siti. dkk. 2017. <em>Pengembangan Media Pembelajaran matematika dengan memanfaatkan bahan habis pakai/bekas.</em></p><p>Naz, Ahsan Akhtar, &amp; Akbar, Rafaqat Ali. 2012. <em>Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration.</em> Journal of Elementary Education a Publication of Deptt. of Elementary Education IER, University of the Punjab, Lahore Pakistan, 18(1-2), 35-40.</p><p>Palupi, Evangelista L.W. &amp; Khabibah, Siti. 2016. <em>Developing Workshop Module of Pendidikan Matematika Realistik: Follow Up Workshop.</em> Disampaikan pada the 4<sup>th</sup> CAPEU, Surabaya.</p><p>Palupi, Evangelista L.W. 2017. <em>Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbantuan Puzzle Tangram Untuk Mengajarakan Luas Bangun Datar Gabungan. </em>Jurnal Elemen 3 (2).</p><p>Sembiring, R.K. &amp; Hadi, S. 2008<em>. Reforming Mathematics Learning to Indonesian Classrooms Through RME. </em>ZDM Mathematics Education, 40, 927-939.</p><p>Yohanie, Dian D. 2015. <em>Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Kediri. </em>Jurnal Math Educator Nusantara 1 (1).</p>

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 416 , PDF Downloads: 1046