PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN MEDIA BERBAHAN BEKAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p97-105Abstract
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar matematika secara bermakna dan realistik bagi siswa. Prinsip emergent modeling dalam PMR menuntut ketersediaan media pembelajaran agar siswa dapat membayangkan situasi masalah yang diberikan. Namun permasalahan yang muncul adalah keterbatasan media murah yang dapat digunakan guru dan keterbatasan pengetahuan guru dalam merancang pembelajaran matematika realistik berbantuan media. Di lain pihak, sejumlah besar barang bekas dibiarkan menumpuk, kurang dimanfaatkan. Padahal barang bekas dapat didaur ulang menjadi barang dengan nilai guna, salah satunya dengan memanfaatkannya untuk kepentingan belajar dan mengajar matematika. Pelatihan pembelajaran matematika realistik dengan bantuan media berbahan bekas di sekolah dasar dapat menjadi solusi praktis untuk membantu guru menyelenggarakan proses pembelajaran matematika yang bermakna, menarik, interaktif, mudah diikuti dan murah. Meskipun rancangan pembelajaran yang dihasilkan belum memenuhi prinsip dan karakteristik pembelajaran matematika realistik, kegiatan ini dinilai bermanfaat dan berhasil dalam membantu guru untuk memilih bahan bekas sebagai media dan merancang pembelajaran matematika dengan media tersebut. Dari kegiatan ini, dihasilkan 27 desain pembelajaran matematika dengan media berbahan bekas yang berbeda dari 36 desain yang dibuat. Rancangan pembelajaran yang dibuat meliputi beberapa topik matematika untuk kelas 3 dan 4 sekolah dasar.
Downloads
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.