PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD KARAH I SURABAYA

Authors

  • Susanah Susanah Susanah Universitas Negeri Surabaya
  • Evangelista Lus Windyana Palupi Universitas Negeri Surabaya
  • Dini Kinati Fardah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p83-88

Keywords:

media pembelajaran matematika, pembuatan media pembelajaran

Abstract

Guru sebagai salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan dituntut untuk memiliki keterampilan pedagogik yang baik. Salah satu ketrampilan yang dimaksud adalah keterampilan guru untuk dapat membuat dan menggunakan media pembelajaran. Usia peserta didik sekolah dasar menurut teori perkembangan intelektual Piaget dikategorikan masih pada tahap operasional konkret. Hal ini menyebabkan penggunaan media pembelajaran untuk peserta didik sekolah dasar sangat diperlukan. Faktanya, dari hasil observasi awal di SDN Karah 1 Surabaya, belum semua guru (17,4%) pernah membuat media pembelajaran dan belum semua guru (86,9%) mendapatkan pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran matematika. Oleh karena itu pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika di SDN Karah I dilakukan. Dari hasil pelatihan, diperoleh tujuh desain media pembelajaran diantaranya: rumah penjumlahan rumah perkalian, kartu pecahan, koin bilangan + dan koin bilangan  -, macam-macam bangun datar, tangram, dan media berbasis powerpoint. Respon yang diberikan guru-guru dari pelatihan pembuatan media ini positip dan guru-guru menginginkan adanya pelatihan atau workshop lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Batubara, H. H. (2015). œPengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat. <em>MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah</em>, Vol.1 No. 1 Januari 2015.  hal.  112.</p><p> </p><p> </p><p>Gunarsa, Singgih D. (2008). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia. hal 12.</p><p>Indaryati &amp; Jailani. (2015). œPengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas V. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 3 No.1.</p><p>Kurniawan, H. 2015. Sekolah Kreatif: Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Jakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Maulana. 2010. Pembelajaran Matematika Sebagai Aktivitas yang Banyak Permainan dan Penuh Kesenangan. Jurnal Pendidikan Dasar. (14), 3235.</p><p>Nur, Haerani. (2013). œMembangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. <em>Jurnal Pendidikan Karakter. No 1. </em></p><p>Ormrod, J.E. (2002). <em>Psikologi pendidikan membantu peserta didik tumbuh dan berkembang</em>. Jakarta:  Erlangga<em> technology for learning, 7 th edition</em>.  New Jersey: Prentice Hall, Inc.</p><p class="Default">Sabrina R &amp; Yamin, Fauzi, M. (2017). œFaktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4, 108-118</p><p class="Default">Susanah, Ismail, Astuti, Y.P. (2016). œPelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SDN Pakis V Surabaya, <em>Journal ABDI</em><em>, </em>Vol.1 No.2 Januari 2016, hal. 156 161.</p><p class="Default">Susanah, dkk. (2018). œPelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Mteri Transformasi di SMPN 2 Gondang Tulungagung a, <em>Journal ABDI</em><em>, </em>Vol. 3 No.2 Januari 2018, hal. 46-51.</p>Yeni, E.M. (2011). œPemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman KOnsep Geometrid an Kemampuan Tilik Ruang Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No. 1 Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 466 , PDF Downloads: 587