Revitalisasi Tradisi: Strategi Pemasaran Digital Untuk Cafe Herbal Yang Berorientasi Pada Generasi Muda (Upaya Meningkatkan Keterampilan Manajemen Umkm )

Upaya Meningkatkan Keterampilan Manajemen UMKM

Authors

  • Septarina Sofianti Universitas Jember
  • Siti Muslichah Universitas Jember
  • Margaretta Andini Nugraha Universitas Jember
  • Akhmad Haryono Universitas Jember
  • Ida Srisurani Wiji Astuti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v11i1.36387

Abstract

Indonesia kaya akan tradisi pengobatan tradisional, salah satunya yaitu jamu. Di era modern saat ini eksistensi minuman herbal seperti jamu mulai memudar terkalahkan dengan minuman-minuman kekinian yang lebih menarik. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kafe herbal yang menawarkan produk inovatif dengan tetap menerapkan strategi pemasaran digital dan layanan berkualitas untuk memaksimalkan omzetnya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan beberapa rangkaian kegiatan untuk Café Herbal Omahkui. Metode pelaksanaan mencakup a) FGD (Focus Group Discussion); b) Pelatihan kewirausahaan; c) Praktik manajemen berbasis digital; d) Pendampingan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa : (1) manajemen dan staff café memahami manajemen keuangan dan pemasaran berbasis digital: (2) manajemen dan staff cafe mampu membuat inovasi produk yang lebih kekinian: (3) manajemen dan staff café mampu melaksanakan pencatatan keuangan dan pemasaran secara digital. Hasil evaluasi pengabdian ini menghasilkan rekomendasi bagi manajemen Café Herbal Omahkui untuk meningkatkan kegiatan operasinya kearah digital serta membuat SOP yang jelas dan tertulis sebagai acuan dalam pelakasanaan operasional café.

Kata Kunci: Café Herbal, Gen-Z, Pemasaran Digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-05-2025
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 13