WORK BASED TRAINING PENGELASAN DAN PENGECORAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMK ISLAM AL-AMAL SURABAYA

Authors

  • novi sukma drastiawati Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v5n2.p71-77

Keywords:

pengecoran, pengelasan, praktikum pengelasan SMAW, pelatihan, siswa SMK, SiMa Tipe II

Abstract

Kegiatan PKM ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan  pemahaman dan keterampilan siswa tentang pengecoran dan pengelasan. Peserta pelatihan adalah siswa-siswa dari SMK Islam Al-Amal Surabaya. Pendahuluan dalam kegiatan ini adalah memberikan bekal yang berupa teori tentang pengelasan dan pengecoran. Praktikum yang dilakukan adalah pengelasan, menggunakan material baja paduan. Metode  pengelasan yang dipilih SMAW (Shielded Metal Arc Welding), dengan membuat dua jalur dan tipe sambungan fillet but joint untuk jobsheet yang kedua. Tujuan jangka panjang pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pengelasan dan pengecoran serta keterampilan pengelasan sebagai bekal mahasiswa menghadapi dunia industri. Hasil dari pelatihan ini peserta menunjukkan minat yang tinggi untuk mempelajari lebih mendalam dan ingin mengaplikasikan kedalam dunia kerja. Dari instrumen pengukuran yang dilakukan setelah kegiatan (berupa pengisian lembar respon siswa) secara teori dan praktek didapatkan bahwa para siswa merasakan manfaat dan sebagian besar merasa tertarik dengan kegiatan yang sudah dilakukan.

 

Kata Kunci : pengecoran, pengelasan, praktikum pengelasan SMAW, pelatihan, dan siswa-siswa SMK Islam Al-Amal Surabaya

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Izzati S, Sunyono, Efkar T. (2015). Penerapan Simayang Tipe Ii Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 4, No.1 pp 262-274.

Maryuliana, Subroto I M I, Haviana S F C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika Vol. 1, No. 2 pp. 1-12.

Okumura Toshie, Wiryosumarno Harsono. (2000). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta : Pradnya Paramita.

Surdia T, Kenji C. (2007). Teknik Pengecoran Logam. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sudjana, Nana, dan Ibrahim. (1989). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Sinar Baru.

Wahyuningsih. S, Sucipto. (2016). Pendapat Peserta Pelatihan Terhadap Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Non Formal Vol. 10 No.2.

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 169 , PDF Downloads: 287 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0