Pengaruh Pelatihan Self Awareness dan Creative thinking untuk meningkatkan kemampuan Branding Produk pada kelompok Perhutanan Sosial Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai
Effect of Self Awareness and Creative thinking Training to improve Product Branding ability in Social Forestry groups in Bulupoddo District, Sinjai Regency
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v11i1.33866Abstract
Kesejahteraan hidup, khususnya pada sektor ekonomi merupakan impian yang dimiliki oleh semua orang dan untuk mencapai kesejahteraan tersebut, individu perlu melakukan berbagai upaya. Namun Individu dengan tingkat kesadaran diri yang rendah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi akan berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis serta keberlangsungan hidupnya. Self Awareness atau kesadaran diri dapat membantu individu dalam menyampaikan pikiran dan perasaan secara jelas dan asertif, mengarahkan dan mengendalikan kemampuan untuk mandiri, mengenali dan menerima kekurangan serta kelebihan pada diri, hingga dapat mewujudkan potensi yang dimiliki. Salah satu kemampuan lainnya yang penting untuk dimiliki individu dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi adalah dengan Creative thinking agar individu dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan lebih produktif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai terkait dengan pentingnya meningkatkan self awareness mereka agar lebih aktif dalam pengelolaan dan pemanfaatan hutan sekitar yang berdampak pada kesejahteraan finansial, fisik dan psikologis mereka kedepannya. Selain itu memahamkan mereka agar lebih creative thinking dalam melakukan branding produk sehingga dapat bersaing di pangsa pasar yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain one-group Pretest-Posttest Design. Sampel terdiri dari 50 responden. Pengukuran pengetahuan Pretest dan Posttest diperoleh menggunakan kuesioner dan tes tulis kemudian dilakukan analisis dengan uji beda paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel self awareness diperoleh nilai t sebesar -25.146 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 atau signifikan dan pada variabel creative thinking diperoleh nilai t sebesar -14.835 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 atau signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa, hipotesis dari penelitian ini yang menyatakan bahwa psikoedukasi “Self Awareness” dan “creative thinking” efektif untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat dalam melakukan branding produk, diterima.
Kata Kunci: Kesadaran Diri, Berpikir kreatif
Downloads

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

