Kreativitas Finger Painting Bagi Guru Paud Di Kabupaten Jepara Untuk Membentuk Karakter Anak

Authors

  • Aliva Rosdiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dewi Pratiwi UNISNU Jepara
  • Dina Amalia Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v11i1.30717

Abstract

Guru PAUD dituntut untuk harus selalu kreatif dan inovatif dalam membetuk karakter anak dalam setiap pembelajaran. Tujuan kegiatan PkM ini adalah melatih kreativitas finger painting bagi guru PAUD se-Jepara untuk membentuk karakter anak agar berkembang secara kognitif, afektif, dan motorik sesuai dengan teori taksonomi bloom. Metode kegiatan PkM ini adalah Participatory Action Research (PAR) melalui tiga strategi yakni sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menganalisa kebutuhan mitra para guru se-Jepara, pelaksanaan PkM melalui kegiatan sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Kerja sama yang dilakukan antara tim pengabdi dengan mitra adalah untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi para guru di Kabupaten Jepara dalam kegiatan finger painting sehingga bisa diterapkan dalam pembelajaran kepada anak usia dini. Hasil kegiatan sosialisasi diperoleh peningkatan pengetahuan guru dalam memahami karakter anak secara kognitif, afektif, dan motorik sebesar 90%. Sementara, peningkatan sebanyak 75% guru memahami teknik finger painting melalui praktik pendampingan.Tulis abstrak Saudara disini

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-05-2025
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 1