Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Project Based Learning Bagi Guru Smk Di Surakarta

Authors

  • Mustaji Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya
  • Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat Universitas Negeri Surabaya
  • Ade Firmannandya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.28163

Abstract

Hasil studi awal yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan dalam naungan organisasi Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kota Surakarta sebagai mitra dalam pelaksanan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki masalah terkait dengan pemahaman, keterampilan dalam menyusun, dan menggunakan lembar kerja.  Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pelaksana kegiatan memberikan pelatihan pengembangan lembar kerja peserta didik model Project based learning (PjBL). Pelaksannaan Kegiatan pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 17 peserta yang berlansung selama satu bulan dengan empat kali pertemuan. Pertemuan pertama, peserta mengikuti pretes dan diberikan wawasan tentang konsep, karakteristik, dan prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik PjBL. Pertemuan kedua peserta melakukan konsultasi analisis kebutuhan dan desain pengembangan lembar kerja PjBL. Pertemuan ketiga, peserta konsultasi draf produk lembar kerja dan pertemuan ke empat melakukan finalisasi, menikuti post tes, unggah produk lembar kerja, dan mengisi angket respons kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan simpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan lembar kerja PjBL. Pelaksanaan pelatihan berlangsung sangat baik ditinjau dari penguasaan materi oleh para naras sumber, kejelasan sajian, penggunnaan bahasa, kedisplinan naras umber dan peserta, interaksi penyaji dengan peserta, ketepatan sajian, kesesuaian tema kegiatan, sarana dan prasana pelatihan. Namun perlu perbaikan dari aspek pelayanan panitia dan kelengkapan informasi panitia kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mustaji, Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Utari Dewi, Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ade Firmannandya, Universitas Negeri Surabaya

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-06-13
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 57