Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Project Based Learning Bagi Guru Smk Di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.28163Abstract
Hasil studi awal yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan dalam naungan organisasi Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kota Surakarta sebagai mitra dalam pelaksanan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki masalah terkait dengan pemahaman, keterampilan dalam menyusun, dan menggunakan lembar kerja. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pelaksana kegiatan memberikan pelatihan pengembangan lembar kerja peserta didik model Project based learning (PjBL). Pelaksannaan Kegiatan pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 17 peserta yang berlansung selama satu bulan dengan empat kali pertemuan. Pertemuan pertama, peserta mengikuti pretes dan diberikan wawasan tentang konsep, karakteristik, dan prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik PjBL. Pertemuan kedua peserta melakukan konsultasi analisis kebutuhan dan desain pengembangan lembar kerja PjBL. Pertemuan ketiga, peserta konsultasi draf produk lembar kerja dan pertemuan ke empat melakukan finalisasi, menikuti post tes, unggah produk lembar kerja, dan mengisi angket respons kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan simpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan lembar kerja PjBL. Pelaksanaan pelatihan berlangsung sangat baik ditinjau dari penguasaan materi oleh para naras sumber, kejelasan sajian, penggunnaan bahasa, kedisplinan naras umber dan peserta, interaksi penyaji dengan peserta, ketepatan sajian, kesesuaian tema kegiatan, sarana dan prasana pelatihan. Namun perlu perbaikan dari aspek pelayanan panitia dan kelengkapan informasi panitia kegiatan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.