Penerapan Digital Mathematics Storytelling dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v10i1.27901Abstract
Artikel ini mengusulkan pendekatan inovatif, yaitu digital mathematics storytelling, sebagai solusi untuk mengubah persepsi negatif siswa terhadap matematika. Digital mathematics storytelling mengintegrasikan narasi matematika dengan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan. Metode yang digunakan adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MTs Sekolah Cinta Ilmu, Kabupaten Bandung, melibatkan dosen, mahasiswa, dan 34 siswa kelas IX. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari dengan membuat konten digital berupa video berkelompok. Respon positif dari siswa menjadi indikator keberhasilan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan variasi kreativitas siswa dan dampak positif penerapan digital mathematics storytelling. Video-video karya siswa mencerminkan peningkatan motivasi, pemahaman konsep, keterlibatan siswa, respons terhadap teknologi, dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil proyek ini menyoroti pentingnya elemen kreatif dalam pengajaran matematika dan menegaskan bahwa cerita matematika dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam kurikulum matematika yang ada. Penerapan digital mathematics storytelling memiliki dampak positif dalam pembelajaran matematika di Sekolah Cinta Ilmu. Proyek ini menegaskan pentingnya kreativitas, kolaborasi, dan inovasi dalam pendidikan matematika. Diharapkan bahwa hasil dan pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi upaya serupa di tempat lain untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

