Pendampingan Pembuatan Video Konten Pemasaran Sebagai Upaya Melakukan Penjualan Online Retail Produsen Sandal Di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.27717Abstract
Siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia merilis data bahwa kontribusi UMKM mencapai kurang lebih 61 persen terhadap PDB Nasional, dan menyerap sebesar 97 persen dari total tenaga kerja. Mempertahankan eksistensi UMKM pada saat ini semakin sengit. Terjadinya pasar bebas barang, jasa permodalan, dan tenaga kerja diantara pesaing nasional dan internasional merupakan faktor pendorong lainnya yang tidak hanya dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk meningkatkan eksistensi mereka, tetapi juga menuntut mereka untuk mau bergerak langsung. Salah satu aspek yang sangat penting adalah aspek pemasaran khususnya pada pemasaran digital. Tema kegiatan Pengabdian Masyarakat Strategis Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dalam tulisan ini adalah Pemberdayaan Bisnis dengan Digital Branding dan Digital Marketing pada UMKM di desa-desa di Indonesia, khususnya di desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan informasi yang didapat dari hasil diskusi mahasiswa lokal dengan pelaku UMKM setempat, diperoleh data bahwa banyak pelaku UMKM yang gagal mempertahankan eksistensinya, karena mereka hanya mengandalkan penjualan secara grosir dan tidak ada upaya untuk melakukan penjualan secara retail. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab akademis, maka tim tergerak untuk melakukan pengabdian. Pengabdian ini dilakukan di UD. Tiga Putra yang merupakan salah satu produsen sandal di Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.