Pendampingan Pembuatan Video Konten Pemasaran Sebagai Upaya Melakukan Penjualan Online Retail Produsen Sandal Di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • warsiman - Universitas Brawijaya
  • Muhamad Jazuli Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
  • Adelia Shabrina Prameka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
  • Nuraini Desty Nurmasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.27717

Abstract

Siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia merilis data bahwa kontribusi UMKM mencapai kurang lebih 61 persen terhadap PDB Nasional, dan menyerap sebesar 97 persen dari total tenaga kerja. Mempertahankan eksistensi UMKM pada saat ini semakin sengit. Terjadinya pasar bebas barang, jasa permodalan, dan tenaga kerja diantara pesaing nasional dan internasional merupakan faktor pendorong lainnya yang tidak hanya dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk meningkatkan eksistensi mereka, tetapi juga menuntut mereka untuk mau bergerak langsung. Salah satu aspek yang sangat penting adalah aspek pemasaran khususnya pada pemasaran digital. Tema kegiatan Pengabdian Masyarakat Strategis Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dalam tulisan ini adalah Pemberdayaan Bisnis dengan Digital Branding dan Digital Marketing pada UMKM di desa-desa di Indonesia, khususnya di desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan informasi yang didapat dari hasil diskusi mahasiswa lokal dengan pelaku UMKM setempat, diperoleh data bahwa banyak pelaku UMKM yang gagal mempertahankan eksistensinya, karena mereka hanya mengandalkan penjualan secara grosir dan tidak ada upaya untuk melakukan penjualan secara retail. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab akademis, maka tim tergerak untuk melakukan pengabdian. Pengabdian ini dilakukan di UD. Tiga Putra yang merupakan salah satu produsen sandal di Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-13
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 54