Penguatan Materi Kpk Dan Fpb Dengan Menggunakan Papan Musi Sederhana Untuk Siswa Kelas V
PENGUATAN MATERI KPK DAN FPB DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN MUSI SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v10i1.27308Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan papan MUSI sederhana sebagai media pembelajaran matematika bagi siswa SD dalam menyelesaikan soal-soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Media pembelajaran ini sebagai alternatif solusi untuk para siswa dalam memahami materi KPK dan FPB. Selain itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi para guru dalam mengkreasikan media pembelajaran lain, meskipun berupa media pembelajaran sederhana. Sasaran kegiatan pengabdian adalah siswa kelas V SDIT Ulil Albab Bangkalan. Dalam kegiatan ini, tim pengabdian menggunakan metode pelatihan dan pendampingan dengan pendekatan participant active learning. Secara umum, kegiatan ini terdiri dari 3 bagian, yakni 1) penyampaian materi KPK dan FPB, 2) pelatihan dalam mengaplikasikan papan MUSI sederhana, dan 3) evaluasi proses pembelajaran. Hasil surve manunjukkan bahwa 73.3% siswa tertarik dengan media pembelajaran yang dibawakan oleh tim pengabdian dan 80% siswa menyukai proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran papan MUSI. Kontribusi dari pengabdian ini adalah papan MUSI sederhana dapat digunakan sebagai salah satu solusi bagi para guru dalam mengajarkan konsep KPK dan FPB kepada siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

