Pembelajaran Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Dengan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Koordinator Pendidikan Bulu Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.27275Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat (PPM) berupa workshop penyusunan pembelajaran efektif dan menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang dilakukan di SDN Malangan 3 Bulu Sukoharjo. Kegiatan PPM bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampulan guru menyelenggarakan model pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan disertai media pembelajaran. Peserta dari kegiatan PPM berjumlah 100 yang terdiri dari guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Metode kegiatan PPM dilaksanakan dengan metode Blended Learning, yaitu dilaksakan secara klasikal dan daring dengan menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM secara klasikal dilaksanakan dengan menjabarkan materi tentang pembelajaran efektif dan efisien dengan menggunakan media pembelajaran, pemberian contoh-contoh media pembelajaran, diskusi terstruktur dan praktik menyusun rancangan pembelajaran efektif, efisien dan menyenangkan. Hasil dari kegiatan PPM yaitu guru memiliki pemahaman tentang rancangan pembelajaran efektif dan efisien dan produk berupa modul ajar yang memuat media pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.