Pengembangan Ekonomi Digital Pada Usaha Jasa Boga Katering Bunda Tasty

Authors

  • Romi Ilham STIE Perbanas Surabaya
  • Hariadi Yutanto Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.26440

Abstract

Industri kuliner memiliki peran 41,4% terhadap produk domestic bruto mencapai Rp 1.100 triliun, dan salah satu sektor usaha dalam industri kuliner adalah katering. Namun pada era digital yang semakin berkembang, usaha katering menghadapi tantangan baru yang memerlukan adaptasi strategis untuk tetap bersaing. Salah satunya adalah katering Bunda Tasty yang memiliki permasalahan penting dalam pencatatan keuangan yang masih manual dan pemasaran yang konvensional, sehingga memerlukan sistem informasi akuntansi dan inovasi promosi digital untuk meningkatkan kinerja keuangan sebagai keunggulan kompetitif dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Oleh karenanya, tujuan kegiatan PKM untuk membantu katering Bunda Tasty untuk pengembangan pencatatan akuntansi yang berbasis sistem informasi dan strategi pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan strategi pemasaran digital, pelatihan pengelolaan keuangan, dan implementasi dari rancang bangun sistem informasi akuntansi katering -SIRICING berbasis web yang terintegrasi dengan media sosial sebagai strategi pemasaran digital. Dengan adanya pengembangan ekonomi digital pada katering Bunda Tasty, hasilnya mitra telah mampu membuat business model canvas, copywriting, dan memiliki akun media sosial sebagai strategi pemasaran digital, mitra telah melakukan pencataan sesuai kaidah akuntansi, dan mampu mengoperasikan platform SIRICING sebagai sistem informasi akuntansi yang terintegrasi dengan media sosial untuk memaksimalkan pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-13
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 38