Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui program Sinau Bareng di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.26303Abstract
Sinau Bareng merupakan Belajar bersama secara berkelompok untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Kegiatan Sinau Bareng dilaksanakan di lingkungan yang terbilang cukup padat penduduk, tepatnya di RT. 01 RW. 04 Kelurahan Kauman, Kabupaten Nganjuk. Sasaran program ini yaitu siswa PAUD, TK, SD, SMP dan diutamakan bagi mereka yang kurang mendapat kesempatan untuk belajar dan ketinggalan pelajaran. Tujuan dari kegiatan Sinau Bareng adalah untuk membina dan memberikan pembelajaran mengenai membaca, menulis dan berhitung (Literasi dan Numerasi) di kampung atau masyarakat terutama anak jalanan yang buta aksara. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan
pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan ini meliputi metode identifikasi masalah, persiapan dan koordinasi, sosialisasi, peresmian, dan pelaksanaan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Sinau Bareng ini adalah peningkatan literasi dan numerasi, melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif, membentuk karakter positif, mengamalkan sikap toleransi, mengembangkan kemampuan interaksi dan komunikasi kelompok, melatih kemampuan menyelesaikan masalah, menumbuhkan rasa sosial antar sesama siswa, dan berani berdiskusi sehingga pembelajaran terasa lebih mudah dan ringan.
Kata Kunci: Sinau Bareng, Literasi, Numerasi
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.