Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui program Sinau Bareng di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Raya Sulistyowaty
  • Naomi Marcella Sulistyo Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Dhany Universitas Negeri Surabaya
  • Chindy Adelya Brilliane Aurellio Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Abbiyah Qoth Runnada Universitas Negeri Surabaya
  • Devi Nur Faiziyah Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyuni Maulidiniyah Universitas Negeri Surabaya
  • Firda Ainul Rohma Universitas Negeri Surabaya
  • Khoirotul Amaliyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.26303

Abstract

Sinau Bareng merupakan Belajar bersama secara berkelompok untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Kegiatan Sinau Bareng dilaksanakan di lingkungan yang terbilang cukup padat penduduk, tepatnya di RT. 01 RW. 04 Kelurahan Kauman, Kabupaten Nganjuk. Sasaran program ini yaitu siswa PAUD, TK, SD, SMP dan diutamakan bagi mereka yang kurang mendapat kesempatan untuk belajar dan ketinggalan pelajaran. Tujuan dari kegiatan Sinau Bareng adalah untuk membina dan memberikan pembelajaran mengenai membaca, menulis dan berhitung (Literasi dan Numerasi) di kampung atau masyarakat terutama anak jalanan yang buta aksara. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan
pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan ini meliputi metode identifikasi masalah, persiapan dan koordinasi, sosialisasi, peresmian, dan pelaksanaan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Sinau Bareng ini adalah peningkatan literasi dan numerasi, melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif, membentuk karakter positif, mengamalkan sikap toleransi, mengembangkan kemampuan interaksi dan komunikasi kelompok, melatih kemampuan menyelesaikan masalah, menumbuhkan rasa sosial antar sesama siswa, dan berani berdiskusi sehingga pembelajaran terasa lebih mudah dan ringan.
Kata Kunci: Sinau Bareng, Literasi, Numerasi

Downloads

Download data is not yet available.
cover

Downloads

Published

2024-01-15
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 58