Analisis Gaya Hidup Masyarakat Depok Yang Mengikuti Cfd Dalam Penyuluhan Penyakit Kolesterol

Authors

  • Rizky Farmasita Jakarta Global University
  • Rizky Pramana Putra Jakarta Global University
  • Yuda Nomiansa Jakarta Global University

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.26019

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan bentuk aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok organisasi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyrakat. Pengabdian masyarakat dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya hidup masyarakat kota Depok dalam pencegahan kolesterol dan memberikan edukasi tentang penyakit kolesterol. Penelitian ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi Jakarta Global University. Target dari penelitian ini adalah Masyarakat Depok yang sedang mengikuti Car Free Day (CFD).

 

Metode penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan kuesioner, yaitu dengan melakukan tes kolesterol gratis kepada orang-orang yang mengikuti Car Free Day.

 

Populasi dan sampel pada pengabdian masyarakat ini melibatkan 29 responden yang menerima pemeriksaan kolesterol dan edukasi dari Apoteker dan mahasiswa farmasi, data yang diperoleh dari kuesioner digunakan untuk menganalisis gaya hidup masyarakat Depok yang mengikuti CFD dalam upaya pencegahan kolesterol.

 

Hasil dari kegiatan ini berdasarkan dari pemeriksaan kadar kolesterol yang dilakukan kepada masyarakat Depok yang mengikuti Car Free Day (CFD), dimana sebanyak 18 orang memiliki kadar kolesterol normal, dan 11 orang memiliki kadar kolesterol tinggi. Mayoritas responden dengan kadar kolesterol normal menyatakan mengkonsumsi makanan rendah lemak, tinggi serat, dan rendah kolesterol. Selain itu, mereka juga aktif menjalankan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Berdasarkan evaluasi, kegiatan penyuluhan penyakit kolesterol melalui CFD memberikan dampak berupa peningkatan pengetahuan masyarakat Depok tentang pentingnya pola makan sehat dalam pencegahan kolesterol. Selain itu, hasil kuesioner juga menjadi sumber informasi yang berharga bagi penyedia layanan kesehatan untuk mengembangkan program pendidikan yang lebih efektif.

 

Kesimpulan dari kegiatan abdimas ini adalah sebagai melalui pertanyaan pola makan sehat dalam pencegahan kolesterol yang dibagikan kepada pasien, sebanyak 90,34% dapat menjawab pertanyaan dengan benar setelah diberikan edukasi oleh apoteker. Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan untuk mensosialisasikan pola hidup sehat dan pencegahan penyakit kolesterol pada masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-13
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 87