PELATIHAN PEMBUATAN SERBUK MINUMAN HERBAL INSTAN UNTUK WARGA DESA JAJAR, KECAMATAN TALUN, KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Ismono Ismono Jurusan Kimia FMIPA Unesa
  • Suyatno Suyatno Jurusan Kimia FMIPA Unesa
  • Nurul Hidajati Jurusan Kimia FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p76-83

Keywords:

Minuman serbuk herbal instan, Desa Jajar Abstract

Abstract

 

 Desa Jajar, merupakan salah satu desa di kecamatan Talun, kabupaten Blitar merupakan wilayah yang sedang berkembang, sebagian warga desa tersebut bekerja sebagai petani, buruh tani, tukang kayu, tukang batu, kuli bangunan, penjual sayur keliling, membuka warung makanan dan merancang, serta pegawai pemerintah dan swasta. Dengan demikian sebagian besar warga memiliki penghasilan yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Warga desa Jajar sangat memerlukan pelatihan suatu keterampilan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya. Salah satu jenis pelatihan yang dapat diberikan adalah pelatihan pembuatan serbuk minuman herbal instan. Produk minuman memiliki potensi ekonomi untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Kegiatan PKM dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan warga desa Jajar dalam membuat minuman herbal yang memiliki dampak kesehatan dan nilai ekonomi. Kegiatan PKM melibatkan 30 orang ibu rumah tangga desa Jajar. Pendekatan yang digunakan dalam PKM ini adalah pendekatan partisipasif, sedangkan metode yang diterapkan adalah pendampingan pembelajaran orang dewasa (andragogi). Kegiatan PKM akan diawali dengan pemaparan materi pelatihan oleh Tim PKM, dilanjutkan dengan pendampingan praktek pembuatan minuman serbuk herbal instan, dan diakhiri dengan refleksi serta pemberian angket. Kegiatan PKM ini dapat menghasilkan luaran berupa produk serbuk minuman herbal instan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat di desa Jajar, Kecamatan Talun, Blitar khususnya dari segi meningkatkan perekonomian keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2013). Jamu Instant Ala Sumarni. http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/09/07/jamu-instan-ala-sumarni-491080.html. Diakses tanggal 10 Januari 2013.

Handra, H. (2005). Jamu Toga dan Apikasinya dalam Rumah Tangga. http://kepegawaian.unpad.ac.id/info_detail.aspx?id=2. Diakses tanggal 4 Maret 2014.

Heyne K. (1987). Tumbuhan Berguna Indonesia. Jilid 1. Jakarta : Departemen Kehutanan.

Mallaleng, H.R., Purwaningtyas, U., Hermawati, R., Solichah, N., Syah, F.Z.N. (2011). Tanaman Obat untuk Penyakit Sindrom Metabolisme. Malang: UM Press.

Mallaleng, H.R., Purwaningtyas, U., Hermawati, R., Solichah, N. (2012). Katalog Tumbuhan Obat Alam. Jilid 1. Batu: UPT Materia Medica Batu.

Manitto, P. (1992). Biosintesis Produk Alami. Cetakan I. Penerjemah Koensoemardiyah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suyatno (2011). Potensi Tumbuhan Paku Indonesia sebagai Bahan Baku Fitofarmaka. Pidato Pengukuhan Guru Besar.

Downloads

Published

2018-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2631 , PDF Downloads: 2086