PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN SMP DAN SMA DI PERGURUAN MUHAMMADIYAH WIYUNG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p68-75Keywords:
facebook, media pembelajaran inovatifAbstract
Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Tujuan pengabdian adalah: 1) meningkatkan pemahaman guru SMP dan SMA terhadap penggunaan facebook sebagai media pembelajaran inovatif, 2) mendorong guru menerapkan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook, 3) penggunaan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook mendapatkan respon yang baik dari siswa. Metode kegiatan adalah pelatihan, pendampingan, penerapan, dan penilaian. Teknik pengambilan data adalah pengamatan dan angket. Skor angket menggunakan skala Likert (skala 1-4), dan kategori skor rerata adalah: sangat kurang (1 ≤ x <1,5), kurang (1,5 ≤ x < 2,5), baik (2,5 ≤ x < 3,5), dan sangat baik (3,5 ≤ x ≤ 4). Analisis data untuk mengukur kategori keberhasilan dilakukan dengan menghitung rerata skor dan persentase tiap aspek yang ditanyakan. Hasil yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran inovatif menggunakan facebook adalah: 1) pemahaman guru meningkat, 2) 30% guru membuat grup facebook dan menerapkannya dalam pembelajaran, 3) mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah kegiatan pelatihan, pendampingan, penerapan, dan penilaian penggunaan facebook sebagai media pembelajaran inovatif menghasilkan peningkatan pemahaman guru, menghasilkan media pembelajarn inovatif karya guru, dan mendapatkan respon yang baik dari siswa.
Downloads
References
Bowers, Campbell J, 2008. Cyber œpokes: Motivational antidote for developmental college readers. Journal of College Reading and Learnin Vol 39 No 1 p 74-87.
Calvo R, Arbiol A, Iglesias A, 2014. Are all chats suitable for learning purposes? A study of the required characteristics. Procedia Computer Science Vol 27 p 251-260.
Facebook 2011 Facebook press room: Statistics Retrieved from http://www.facebook.com/ press/info.php?statistics.
Fewkes A M, McCabe M, 2012. Facebook: Learning Tool or Distraction? Journal of Digital Leraning in Teacher Education Vol 28 No 3 p 92-98.
Hartono B, 2004. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran. Tersedia pada http://www. bebeasli.com. Diakses pada tanggal 27 April 2012.
Kustijono R, 2012. Pembelajaran melalui Facebook Yang Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dasar Dalam Mata Kuliah media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Sains oleh Prodi Pendidikan Sains Unesa Tanggal 15 Desember 2012. Prosiding, ISBN: 0217146-1-4.
Kustijono R, 2013. Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Facebook Dalam Mata Kuliah Multimedia Pada Mahasiswa Fisika, Seminar Nasional Sains Oleh Program Pascasarjana Unesa Tanggal 19 Januari 2013. Prosiding, ISBN: 978-602-7508-55-2.
Mayer RE, 2001. Multimedia Learning. USA: Cambride University press.
Niam M, Kustijono R, 2013. Pengembangan Pembelajaran SMP Melalui Facebook Pada Materi Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol 02 No 02 2013.
Nurtjahjawilasa, 2004. Efektifitas Multimedia dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Diklat. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, Depdiknas, Jakarta: 1-2 Desember 2004.
Payong MR, 2012. Beberapa Masalah dalam Pembelajaran Multimedia. Tersedia pada http://www.sinarharapan.co.id. Diakses pada tanggal 8 April 2012.
Rusman, 2012. Komputer Sebagai Media Pembelajaran. Tersedia pada http://www.geocities.com. Diakses pada tanggal 8 April 2012.
Samsudin A., 2010. Peran Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran Fisika. Tersedia pada http://www.pendidikansains.blogspot.com. Diakses pada tanggal 8 April 2012.
Siswanto, 2012. Minat Guru Pada Multimedia Pembelajaran. Tersedia pada http://www.komed.org. Diakses pada tanggal 8 April 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.