PENYULUHAN ALAT SPRAYER ELEKTRIK BAGI MASYARAKAT PETANI DESA WONODADI WETAN KABUPATEN PACITAN

Authors

  • Elsen Ronando Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Enny Indasyah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p63-67

Keywords:

sprayer, sprayer elektrik, pertanian, Desa Wonodadi Wetan

Abstract

 

 Sebagian besar masyarakat di desa Wonodadi Wetan bermatapencaharian sebagai petani. Beberapa penyuluhan yang terkait banyak dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sektor pertanian di desa Wonodadi Wetan. Akan tetapi, beberapa penyuluhan jarang menyentuh aspek teknologi tepat guna yang efektif untuk mendukung pertanian di desa Wonodadi Wetan. Salah satu teknologi yang perlu dikembangkan di desa Wonodadi Wetan dalam mendukung pertanian adalah alat sprayer. Pengembangan ini diperlukan karena mayoritas masyarakat petani di desa Wonodadi Wetan masih menggunakan alat sprayer manual. Atas dasar inilah, dilaksanakan program pengabdian masyarakat penyuluhan perancangan alat sprayer elektrik bagi masyarakat petani desa Wonodadi Wetan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah agar masyarakat mampu melakukan proses perancanaan, perancangan, dan penggunaan alat sprayer elektrik secara tepat. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan pengabdian masyarakat ini memperoleh respon yang sangat baik dari masyarakat petani di desa Wonodadi Wetan dengan tingkat kepuasan 75% sangat puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M.N. Rahman dan M. Yamin. 2014. Modifikasi Nosel pada Sistem Penyemprotan untuk Pengendalian Gulma Menggunakan Sprayer Gendong Elektrik, Jurnal Keteknikan Pertanian, Vol. 2, No. 1, April 2014.

G.W. Utomo. 2013. Perancangan dan Pembuatan Sprayer Pupuk Elektrik, Tugas Akhir. Juli 2013.

Pemdes. œProfil Desa Wonodadi Wetan. Pemerintah Desa Wonodadi Wetan, http://wonodadiwetan.blogspot.co.id (diakses 28 April 2017).

Downloads

Published

2018-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1322 , PDF Downloads: 919