INTEGRASI STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Harun Nasrudin Jurusan Kimia FMIPA Unesa
  • Utiya Azizah Jurusan Kimia FMIPA Unesa
  • Bertha Yonata Jurusan Kimia FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p57-62

Keywords:

Pelatihan, Conceptual Change, Model Pembelajaran Inovatif, Peningkatan Kompetensi

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pelatihan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kabupaten Blitar yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru kimia terhadap materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, kemampuan guru kimia dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, dan respon guru selama mengikuti kegiatan pelatihan. Langkah-langkah kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah penyegaran materi dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan angket kepada guru untuk mendapatkan data terhadap pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan data hasil pelatihan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif guru kimia di Kabupaten Blitar telah memperoleh kategori baik dan sangat baik, (2) kemampuan guru kimia di Kabupaten Blitar dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif adalah baik dan sangat baik, dan (3) secara umum respon guru MGMP kimia di Kabupaten Blitar terhadap kegiatan pelatihan ini adalah baik dan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cakir, M. (2008). Constructivist approaches to learning in science and their implication for science pedagogy: a literature review. International Journal of Environmental & Science Education. 3(4). 193-206.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter: Refleksi dan Proposal Solusi terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wagiran. (2007). Inovasi Pembelajaran dalam Penyiapan tenaga Kerja Masa Depan. Jurnal Pendidikan Teknologi & Kejuruan. 16(1): 43-55.

Downloads

Published

2018-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 544 , PDF Downloads: 354