INTEGRASI STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE DALAM MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KIMIA KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p57-62Keywords:
Pelatihan, Conceptual Change, Model Pembelajaran Inovatif, Peningkatan KompetensiAbstract
Telah dilakukan kegiatan pelatihan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kabupaten Blitar yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru kimia terhadap materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, kemampuan guru kimia dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif, dan respon guru selama mengikuti kegiatan pelatihan. Langkah-langkah kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah penyegaran materi dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif. Evaluasi dilakukan melalui tes pemahaman dan angket kepada guru untuk mendapatkan data terhadap pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan data hasil pelatihan, dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman materi integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif guru kimia di Kabupaten Blitar telah memperoleh kategori baik dan sangat baik, (2) kemampuan guru kimia di Kabupaten Blitar dalam menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis integrasi strategi conceptual change dalam model-model pembelajaran inovatif adalah baik dan sangat baik, dan (3) secara umum respon guru MGMP kimia di Kabupaten Blitar terhadap kegiatan pelatihan ini adalah baik dan sangat baik.
Downloads
References
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter: Refleksi dan Proposal Solusi terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wagiran. (2007). Inovasi Pembelajaran dalam Penyiapan tenaga Kerja Masa Depan. Jurnal Pendidikan Teknologi & Kejuruan. 16(1): 43-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.