IbM SMP œPERINGKAT SEDANG DI KOTA YOGYAKARTA PENGUATAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA DAN IPA BERBASIS PEER TEACHING DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p52-56Keywords:
Peer Teaching, Pelatihan Guru, Tes Olimpiade Matematika dan IPAAbstract
Kegiatan pembinaan bagi guru-guru matematika dan IPA SMP ˜Peringkat Sedang berbasis peer teaching di wilayah Kota yogyakarta bertujuan untuk mewujudkan budaya akademik yang sehat bagi terselenggaranya proses pembelajaran. Guru-guru kurang antusias dalam menanggapi diskusi yang berkenaan dengan materi, terutama materi yang berkaitan dengan tes olimpiade matematika dan IPA. Untuk itu guru perlu dilatih dengan penyegaran kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Metode pembinaan guru yang dilakukan melalui peer teaching dan pelatihan. Kegiatan ini menghasilkan (1) Pendalaman materi matematika dan IPA, (2) Penyusunan modul dan strategi penyelesaian soal-soal matematika dan IPA yang diselaraskan dengan soal tes olimpiade, (3) Pendampingan guru-guru dalam pembimbingan kepada siswanya untuk menyiapkan sebagai calon peserta olimpiade matematika dan IPA. (4) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat secara signifikan, (5) Kualitas guru matematika dan IPA SMP meningkat secara signifikan. Diharapkan kegiatan serupa dapat diteruskan karena kegiatan peer teaching melatih guru berani menyampaikan gagasannya di hadapan para guru.Downloads
Download data is not yet available.
References
Anderson, L. W. 2004. Increasing Teacher Effectiveness. London & New York: Taylor & Francis e-Library.
Bergo, C., Jung, C., Uwe, Ch. F. 2010. Training Concept. Luxemburg: Center de Prevention des Toxicomanies.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sri Purnami, Ag. 2014. Peluang dan Statistika. Modul. Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen.
Bergo, C., Jung, C., Uwe, Ch. F. 2010. Training Concept. Luxemburg: Center de Prevention des Toxicomanies.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sri Purnami, Ag. 2014. Peluang dan Statistika. Modul. Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen.
Downloads
Published
2018-03-28
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.