PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN MATERI TRANSFORMASI DI SMPN 2 GONDANG TULUNGAGUNG

Authors

  • Susanah Susanah Jurusan Matematika FMIPA Unesa
  • Pradnyo Wijayanti Jurusan Matematika FMIPA Unesa
  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika FMIPA Unesa
  • Shofan Fiangga Jurusan Matematika FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p46-51

Keywords:

Aplikasi GeoGebra, Transformasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Salah satu materi mendasar dan baru pada Kurikulum 2013 adalah materi Tranformasi di jenjang SMP. Hal ini menuntut guru untuk kreatif dalam penyampaian materi tersebut sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Salah satunya yaitu dengan penerapan program aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran. Akan tetapi, masih banyak guru yang memiliki kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi Geogebra ini. Lebih jauh lagi, kenyataan yang ada di SMPN 2 Gondang Tulungagung, guru-guru di SMPN 2 Gondang Tulungagung masih kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas. Sehingga, diperlukan pelatihan penggunaan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi ini. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru-guru SMPN 2 Gondang Tulungagung dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap yang pertama adalah pemaparan dan sosialisasi penggunaan program GeoGebra. Tahap yang kedua adalah simulasi penggunaan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memilih materi yang akan disampaikan dengan menggunakan program GeoGebra. Pembuatan Media Pembelajaran yang dihasilkan oleh para peserta kemudian dievaluasi, apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan. Evaluasi ini digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam menggunakan program GeoGebra dalam penyampaian materi Transformasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructional media and technology for learning, 7 th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Ibrahim, H. 1997. Pemanfaatan dan pengembangan media slide pembelajaran. Bahan ajar. Disajikan dalam pelatihan produksi dan penggunaan media pembelajaran bagi dosen MDU Universitas Negeri Malang, 8 Februari s.d 6 Maret 1999.

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. 2001. Media pembelajaran : Bahan sajian program pendidikan akta mengajar . FIP. UM.

Manoy, Trineke. J, (2014) Modul Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajan Matematika, Universitas Terbuka, Jakarta
Pujiati, 2004, Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, Depdiknas, PPPG Matematika Yogjakarta, Yogjakarta

Downloads

Published

2018-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 537 , PDF Downloads: 320