PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BAGI GURU POS PAUD
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p41-45Keywords:
Perangkat Pembelajaran Anak Usia Dini, Manajemen Lembaga Pendidikan AUD, ParentingAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan tentang 1) pembelajaran yang sesuai untuk pendidikan anak usia dini, 2) manajemen pengelolaan lembaga PAUD, 3) peningkatan keterampilan orang tua siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan beberapa kegiatan meliputi 1) pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan membuat APE, 2) perbaikan manajemen lembaga PAUD, 3) pelatihan keterampilan untuk orang tua. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di PAUD Al-Muslimun yang berada di desa Gempolsari dan Pos PAUD Pelangi yang berada di Ketegan ke dua sekolah mitra berada di Kecamatan Tanggulangin. Hasil dari kegiatan ini adalah terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan pedoman pembelajaran anak usia dini dengan tersusunnya RPPH, tersedianya alat media edukatif pembelajaran pendidikan anak usia dini, serta terlaksananya parenting bagi orang tua murid.
Downloads
References
Adams, D.M. 1975. Simulation Games: An Approach to Learning. Ohio: Jones Publishing Company.
Badru Zaman, dkk. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B dan Lamatengngo, Nina. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.