Edukasi Strategi Pemasaran Untuk Pengembangan Pura Tamba Waras Sebagai Daya Tarik Pariwisata Rohani Di Desa Sangketan

Authors

  • Komang Sri Widiantari Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Egix Putri Sanluis Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.26740/abdi.v9i2.22175

Abstract

Desa sangketan terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Desa ini memiliki potensi besar pada bidang pariwisata, terkhusus pariwisata rohani. Daya tarik pariwisata rohani desa ini yaitu Pura Tamba Waras. Namun kurangnya pemahaman tentang teknologi di desa ini menjadi penghambat perkembangan kemajuan pariwisata rohani di desa sangketan. Hal ini menyebabkan terhambatnya segala kegiatan di desa ini. Salah satunya dari segi pemasaran, dimana pemasaran sangatlah diperlukan dalam dunia pariwisata. Pemasaran ini bertujuan untuk memperkenalkan daya tarik pariwisata di suatu tempat agar dapat dikenal oleh khalayak banyak. Segala kegiatan perlu ditindak lanjuti dan di dampingi lebih lanjut oleh desa dalam segi pemasaran dan pengembangannya. Begitupun Pura Tamba Waras, perlu adanya penerapan strategi pemasaran yang baik guna mengembangkan pura ini menjadi daya tarik pariwisata di desa sangketan. Dalam memajukan Pura Tamba Waras dalam segi pemasaran penulis menggunakan 4 metode yaitu metode observasi, metode edukasi, metode partisipatif dan metode dokumentasi. Dengan menjalankan kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan Pura Tamba Waras menjadi daya tarik pariwisata rohani yang semakin dikenal oleh banyak orang melalui edukasi strategi pemasaran daya tarik pariwisata.

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-13
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 28