Pengembangan Wisata Virtual Tour Candi Surowono Sebagai Sarana Promosi Wisata Di Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.26740/abdi.v9i1.19369Abstract
Wisata virtual menjadi salah satu tren yang sedang banyak diminati di era internet saat ini, baik karena segiefektivitasnya, kemudahaan aksesnya, dan tentu minimalisasi biaya (atau bahkan gratis) dalammengaksesnya. Bagi yang lokasi jauh dan ingin melakukan ekplorasi dan jalan-jalan secara virtual di tempatwisata, konsep ini bisa menjadi solusi paling tepat. Tur virtual menyajikan pengalaman yang begitu imersifdan pembuatannya-pun saat ini sangat mudah, hanya berbekal kamera 360 dan proses rekayasapenyambungan foto-foto 360 tersebut dengan teknik menampilkan foto borderless (tanpa batas) danseamless (tidak terpotong).Pada tur virtual (virtual tour) Candi Surowono ini, dikembangkan 18 titik foto kamera 360 pada lahan yangterbentang dalam area konservasi candi tersebut. Sedangkan ukuran candi utamanya sendiri sebenarnyahanya 8 x 8 m2, namun detil relief dan arsitektunya masih terukir dengan jelas. Detil arsitektur dan reliefcandi tersebut dipotret dengan detil menggunakan kamera 360 dengan kualitas gambar yang sangat baik,namun tetap memperhatikan keringanan akses saat dipasang pada media website virtual turnya, yaitu disurowono.wisatakediri.com. Ada empat menu utama yang ada pada website virtual tur tersebut, yaitu 360?Views, Information, Photo album, dan Roadmap.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.